Tips Membedakan Telur Asli dan Palsu

Sebelum mulai memasak, pastikan telur yang akan kamu gunakan asli ya!
image

  1. Harga

Mungkin terkadang banyak orang yang mudah tergiur dengan harga murah terutama jika budget belanja yang hanya sedikit. Apalagi kalau kamu seorang mahasiswa seperti saya, pasti bakal mudah tertipu dengan harga yang cocok di kantong. Nah, ini nih salah satu cara yang paling mudah untuk membedakan mana telur asin yang asli dengan telur asin palsu. Pastinya, telur asin palsu memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan telur asin asli. Hal ini sudah jelas, karena proses pembuatan telur asin palsu lebih mudah dan bahan yang digunakannya pun jauh lebih murah.

  1. Warna cangkang telur

Dengan warna yang terang dan mencolok, kamu juga bisa lho membedakan telur asin yang palsu dan asli dengan melihat warna cangkang telur asin. Warna cangkang pada telur asin yang palsu seringkali terlihat tidak merata dengan belang-belang putih, dan terkadang juga memiliki warna yang jauh lebih terang dibandingkan dengan telur asin asli. Telur asin yang asli memiliki warna biru cerah dan terlihat bersih tanpa ada bercak-bercak.

  1. Warna kuning telur

Kalau kamu masih belum yakin dengan harga dan warna cangkang telur, kamu bisa membelah telur asin dan melihat warna dari kuning telur asin tersebut. Biasanya, kuning telur asin yang palsu memiliki warna keputihan atau pucat, hal ini karena pelaku menggunakan pewarna untuk menyulap telur ayam menjadi telur bebek. Kuning telur asin yang asli berwarna kuning pucat atau orange.

  1. Aroma telur asin

Tips yang satu ini juga mudah, caranya dengan menghirup bau dari telur asin yang kamu beli. Kalau telur asin yang kamu beli berbau amis, berarti kamu membeli telur asin yang tepat. Jika telur asin yang kamu beli memiliki bau yang aneh sejenis dengan bau bahan kimia, sebaiknya jangan dikonsumsi. Telur asin palsu memiliki bau bahan kimia.

  1. Menggosok kulit telur dengan cairan pemutih

Masih ragu dengan tips-tips di atas? Kamu bisa coba tips yang satu ini, memakan waktu sih, tapi keraguan kamu bisa langsung hilang dengan mencoba tips ini. Coba deh kamu gosok-gosok kulit telur asin yang kamu beli dengan menggunakan pemutih baju. Kalau warna dari kulit telur memudar dan berubah warna menjadi kecoklatan, sudah pasti telur asin yang kamu beli itu palsu. Cara ini ampuh banget untuk menandai penjual nakal, berarti jangan balik beli lagi ke penjual itu, ya! Oya, jangan lupa cuci bersih telur dan tanganmu setelah melakukan eksperimen ini ya karena cairan pemutih atau bleaching itu cukup keras.