Tips makan pedas tanpa takut gejala panas dalam

https://i0.wp.com/www.inspiradata.com/wp-content/uploads/2018/01/makanan-pedas.jpg?fit=800%2C600&ssl=1

Saat mengalami kondisi nyeri tenggorokan, mulut panas, sariawan, dan bibir pecah-pecah, kebanyakan orang sering mengaitkan kondisi tersebut dengan gejala panas dalam. Terutama saat seseorang mengalami kepedasan, di mana suhu tubuh meningkat, muka memerah, mengeluarkan banyak keringat, dan mulut terasa panas. Padahal, bagi orang yang memang suka dengan makanan pedas, sensasi tersebut justrulah yang mereka cari.

Kandungan capsaicin dalam cabai atau piperin dalam lada memang ampuh membuat nafsu makan jadi meningkat. Tidak jarang, hal ini membuat banyak orang makan makanan pedas dengan kalap tanpa mempedulikan sensasi yang muncul setelahnya.
Nah, bagi Anda yang suka dengan makanan pedas, tapi bingung cara meredakan kepedasan di mulut, berikut ini tips yang bisa Anda coba.

  1. Minum susu
    Menurut American Chemical Society protein kasein yang terkandung dalam susu membantu menggantikan senyawa capsaicin yang menempel pada reseptor saraf lidah Anda. Itu sebabnya, minum susu merupakan cara tercepat untuk meredakan kepedasan dan sensasi terbakar yang muncul di dalam mulut.
  2. Satu sendok teh gula
    Mengonsumsi satu sendok teh gula atau madu bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi sensasi kepedasan yang sedang Anda alami. Pasalnya, gula mampu menyerap minyak pedas yang terkandung dalam capsaicin sehingga bisa meringankan rasa pedas yang Anda rasakan.
  3. Kunyah sesuatu yang kasar
    Kerupuk, roti, dan nasi memberikan reseptor di dalam mulut Anda dengan memberikan sinyal berbeda untuk menyerap senyawa capsaicin agar tidak memasuki tubuh Anda dengan sangat cepat. Selain itu, makan makanan bertepung juga bisa jadi alternatif lain untuk meringankan kepedasan.
  4. Kumur campuran air garam, daun sirih, dan jeruk nipis
    Manfaat air garam untuk kesehatan mulut sudah tidak diragukan lagi. Sejak dulu, air garam telah digunakan untuk membersihkan luka, mencegah infeksi sekaligus menghilangkan bau mulut.
    Sama seperti garam, daun sirih juga telah telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri mulut sehingga bisa membantu menjaga kesehatan gigi Anda. Sementara jeruk nipis selain bisa membantu melawan bakteri, ekstraknya juga dapat membuat napas Anda jadi lebih segar. Nah, ketiga bahan tersebut bisa dicampur menjadi satu dan digunakan sebagai obat kumur alami untuk membantu mengurangi rasa kepedasan Anda.
  5. Gosok gigi
    Selain cara yang sudah disebutkan di atas, nyatanya gosok gigi pun juga bisa jadi cara ampuh untuk meringankan kepedasan. Jangan biarkan mulut panas dan napas tak segar akibat makanan pedas mengganggu aktivitas Anda.