Terbang Sendirian

Bebek berjalan berbondong-bondong, akan tetapi burung elang terbang sendirian.

Sosok pemimpin yang sukses adalah pemimpin yang tidak mudah diombang-ambingkan sekelilingnya. Seperti halnya burung elang, dia tetap teguh pada pendiriannya meski dia terbang sendirian.

Sebagai manusia, jangan hanya mengikuti arus kemana orang kebanyakan menuju. Tapi jadilah seperti burung elang yang terus terbang tinggi dengan gagah meskipun sendirian.

Sumber:

Di zaman sekarang, ternyata masih banyak orang yang tidak berani untuk mengambil sebuah langkah atau keputusan penting dalam pencapaian cita-citanya karena hal tersebut bertentangan dengan kebiasaan orang-orang di sekitarnya. Hal semacam ini jika dibiarkan, akan menjadi hambatan seseorang bahkan sebuah perusahaan untuk lebih maju. Acapkali tradisi di sebuah perusahaan membuat orang lebih suka membenarkan yang biasa daripada membiasakan yang benar. Ini adalah tantangan bagi para pemimpin milenial dalam mengubah kondisi tersebut dan menanamkan nilai bahwa berbeda itu boleh asalkan dengan perencanaan dan tujuan yang jelas.

Oleh karena itu, untuk memberi contoh, pemimpin harus berani berbeda, baik dari cara berpikir, kebijakan, maupun penampilannya. Tentu berbedanya untuk kebaikan tim dan perusahaan, misalnya membebaskan pakaian kerja tim yang semula berseragam menjadi pakaian semi formal agar menambah semangat bekerja mereka karena tampil keren di hadapan teman kantornya. Menekankan kepada tim bahwa setiap orang memiliki keunikannya masing-masing dan diberdayagunakan untuk kepentingan organisasi juga salah satu tugas dari pemimpin.