Staycation di Masa Pandemi Covid-19 : Aman atau Tidak?

Di masa pandemi Covid-19 seperti ini, banyak sekali kegiatan - kegiatan di luar ruangan yang dibatasi dengan ketat untuk membatasi rantai penularan virus Covid-19 dan salah satu kegiatan tersebut adalah liburan. Ketika pandemi sepertinya belum akan berakhir, maka konsep liburan jenis lain pun kini menjadi semacam tren yang berkembang di masyarakat. Staycation adalah salah satunya. Staycation merupakan hasil penggabungan dari dua kata yaitu ’ stay ’ dan ’ vacation ’ yang diartikan sebagai liburan yang dimana kita bisa hanya tinggal di rumah atau tempat di dekat rumah daripada harus berpergian ke tempat lain (Goncalves, 2020).

Staycation sendiri bersifat hemat budget, mengurangi polusi, serta mengurangi tingkat keramaian berlebihan yang ada di tempat - tempat wisata di seluruh dunia. nah, Staycation sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti misalnya, melakukan kegiatan yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya dalam keseharian kita seperti mengoleksi sesuatu, mencoba olahraga baru, atau mengambil kursus - kursus yang sesuai hobi dan minat kita. tetapi ada juga menerjemahkan staycation sebagai liburan di hotel yang masih satu kota dengan area domisili (Pratiwi, 2021) sehingga konsep Staycation begitu menjamur di masa pandemi seperti saat ini dengan banyak hotel yang membuka layanan staycation.

Tetapi biar bagaimanapun juga, Staycation tidak luput dari ancaman penularan virus Covid-19, terutama jika kita memilih opsi Staycation dengan menginap di hotel atau menghabiskan sebagian waktu di luar walaupun masih di wilayah domisili tempat tinggal kita seperti pergi ke taman atau museum lokal. nah menurut kalian youdics, apakah konsep Staycation sudah cukup aman kita lakukan di masa pandemi atau sebaliknya ? dan jika kalian memiliki versi staycation kalian sendiri tentu bisa di share di kolom komentar ya.

Referensi :

  1. Goncalves, A. (2020, January 28). What Is Staycation: Discover The Latest Trend In Sustainable Tourism. Youmatter. Retrieved from https://youmatter.world/en/staycation-definition-stay-vacations-sustainable/
  2. Pratiwi, I., E. (2021, August 5). Agar Aman dari Virus, Ini yang Harus Dilakukan Selama Staycation. Kompas. Retrieved from Agar Aman dari Virus, Ini yang Harus Dilakukan Selama Staycation

Saat pandemi sekarang ini menurutku sebaiknya ditunda terlebih dahulu, memang bisa saja tetap melakukan staycation dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Namun, yang menjadi poin utama disini saat staycation kita akan bertemu orang-orang baru yang kita tidak tau bagaimana kondisi kesehatan mereka saat itu apalagi bila tidak ada gejala yang terlihat (OTG) peluang untuk terpapar virus tetap ada. Jadi, sebaiknya ditahan dulu keingingannya untuk melakukan staycation sampai kondisi sudah membaik.