Sikat gigi ekstra bisa lebih mencegah tumor pada ibu hamil, benarkah?

download

Tidak sedikit ibu hamil sering menghindari rutinitas menyikat gigi karena adanya perasaan mual. Namun, kesehatan gigi dan mulut pada ibu hamil sebaiknya mendapat perhatian yang serius agar terhindar dari beragam penyakit. benarkah sikat gigi ekstra dapat lebih mencegah tumor pada ibu hamil?

Apabila ibu hamil mengalami gangguan pada gigi dan mulut maka kebutuhan pemenuhan makanan akan terganggu. Terutama bila ibu hamil mengalami gigi keropos dan berlubang, ibu tidak dapat mengunyah makanan dengan baik, akibatnya gizi janin kurang sehingga bayi mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan.

Umumnya penyakit yang paling sering menghampiri para ibu hamil adalah penyakit gusi, mulai dari yang sedang hingga kondisi menyerupai tumor. Drg Ratu Mirah Afifah GCClintDent,. MDSc menjelaskan, jika pada wanita yang tidak hamil penyakit gusi hanya terbagi dua tingkatan, begitu hamil tingkatan itu akan bertambah.

Hal itu karena terjadi pelunakan dari jaringan daerah gusi akibat peningkatan hormon. Kadang timbul benjolan-benjolan berwarna bengkak kemerahan pada gusi, dan gusi mudah berdarah. Rentannya ibu hamil terhadap bahaya penyakit gigi dan mulut disebabkan oleh infeksi dan bakteri yang timbul ketika kebersihan gigi dan mulut tidak dijaga.

Pencegahan timbulnya penyakit gigi dan mulut pada ibu hamil bisa dimulai dengan rutin menggosok gigi, pada saat ibu hamil muntah jangan lupa untuk berkumur, bisa dengan air hangat yang dibubuhi garam. Kumur dengan air hangat juga bermanfaat untuk membersihkan sisa lemak-lemak pada rongga mulut dan sela gigi. Tentunya konsumsi juga makanan sehat dan buah-buahan dengan kandungan vitamin C agar daya tahan tubuh semakin kuat.