Siapa saja tokoh musik klasik yang kamu ketahui?

Setiap kesuksesan pasti ada orang di balik kesuksesan tersebut. Sukses nya dunia permusikan pasti ada tokoh yang memperjuangkan permusikan sehingga bisa di kagumi oleh banyak orang seperti saat ini.

Beberapa tokoh musik klasik adalah :

1. Franz Joseph Haydn

Salah satu komponis yang membawa pengaruh besar dari Zaman Klasik yang mempunyai julukan sebagai “Bapak Kuartet Gesek” atau “Bapak Simfoni”. Komponis ini menghabiskan banyak waktu sebagai musikus untuk keluarga Eszterházy di Austria (Kediaman mereka yang sulit dijangkau). Franz Joseph Haydn merupakan saudara laki – laki dari seorang komponis terkenal (Michael haydn) dan seorang penyanyi tenor terkenal (Evangelist Haydn). Franz Joseph Haydn lahir pada 31 Maret atau 1 April 1732 dan meninggal dunia pada 31 Mei 1809.

2. Franz Liszt

Ferenc Liszt merupakan seorang pengaba, pianis, komposer dan guru musik klasik asal Hungaria pada abad ke – 19. Riwayat hidupnya mengatakan bahwa Liszt menulis sekitar 700 komposisi musik yang didalamnya terdapat puisi simfonis dan lagu gerejawi. Ia juga mengajar dan mempunyai sekitar 400 murid yang memperkenalkan musik baru di era Romantisisme. Kelahiran Raiding, Hungaria pada 22 Oktober 1811 ini merupakan salah satu pianis terbesar dalam sejarah musik dunia. Ferenc Liszt meninggal dunia pada 31 Juli 1886 di Bayreuth, Jerman.

3. Franz Schubert

Franz Schubert merupakan komponis berkebangsaan Austria yang lahir pada 31 Januari 1797 dan meninggal dunia pada 19 November 1828. Singkat cerita Franz Schubert. Sebelum memasuki usia 20 tahun, ia sudah menulis 6 simfoni, secara keseluruhan telah menghasilkan 8 simfoni. 2 judul terkenal diantaranya: Unfinished Symphony (Symphony No. 8 in B minor) dan Great Symphony (Symphony No. 9 in C minor). Beberapa karya musik Schubert dibuat dalam bentuk orkes dengan ukuran yang berbeda – berbeda. Schubert telah menulis 100 lagu dan sampai saat ini pun beberapa lagu yang paling baik seperti: Who is Sylvia?, Ave Maria, The Trout, dan Serenade. Ia meninggal dunia pada usia 31 tahun dan sudah menghasilkan hampir 1.000 karya musiknya sendiri.