Seberapa Berpengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian?

PicsArt_07-19-10.47.21

Kelompok referensi merupakan setiap orang atau kelompok yang dianggap sebagai dasar pembanding untuk seseorang, dalam membentuk nilai dan sikap umum/khusus atau pedoman khusus bagi perilaku. Kelompok referensi memberikan informasi produk atau merek kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membelinya. Beberapa kelompok referensi yang digunakan dalam komunikasi pemasaran yaitu selebriti, ahli atau pakar, orang biasa dan karakter dagang atau juru bicara.

Apakah Youdics pernah membeli suatu produk karena pengaruh dari kelompok referensi? Menurut Youdics, seberapa berpengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian?

Referensi

Suratno, S., & Didik, I. (2012). Pengaruh Kelompok Rujukan Terhadap Motivasi Pengusaha UMKM untuk Mengembangkan Usaha. In Proceeding Business Conference" Bisnis dan Isu-isu Global. Yogyakarta: UPN Veteran.

2 Likes

Tentu pernah dong. Menurut aku, kelompok referensi yang sangat dapat mempengaruhi keputusan aku untuk membeli sesuatu adalah keluarga dan teman sebaya. Misalnya adalah ketika teman memposting makanan yang sebelumnya belum pernah aku cobain dan terlihat menarik, aku kadang suka nanya “ gimana rasanya? Enak gak?”. Dan ketika mereka memberikan honest review terhadap makanan tersebut, pastinya hal itu dapat berdampak pada keputusan aku untuk mencoba atau membeli makanan itu atau tidak.

1 Like

Pernah dong. Apalagi kalo sama barang yang belum pernah kita gunakan, pasti kita butuh referensi atau honest review dari seseorang atau sekelompok orang yang sudah berpengalaman dalam penggunaan suatu produk itu kan?

Setuju dengan pendapat kak najmah juga. Menurutku kelompok referensi yang sangat berpengaruh itu teman dan keluarga, karena itu kelompok yang paling dekat dengan kita dan yang paling dapat dipercaya. Dan tentunya itu akan sangat berpengaruh pada keputusan pembelian. Kalau review atau referensi yang kita dapatkan bagus dan baik pasti kita bakal tertarik untuk mencoba membeli produk itu.

1 Like

Wah, terimakasih temen-temen pendapatnya! Jadi review produk dari kelompok referensi sangat berpengaruh yaa pada keputusan pembelian, terutama dari orang-orang terdekat.