Pilih Streaming Film Legal atau Ilegal?

Kegiatan menonton film ataupun drama saat ini sudah menjadi pilihan sebagian besar orang untuk menikmati waktu luangnya. Di berbagai platform media sosial sering membahas tentang rekomendasi film maupun drama, jika Youdics membaca isi komentar pada beberapa postingan tersebut, pasti melihat segelintir orang yang memberikan atau menyarankan menonton film tersebut disitus yang ilegal, dan bahkan ada yang menanyakan cara menonton film tersebut disitus ilegal. Disamping itu, tidak sedikit pula yang menyarankan untuk menontonnya melalui situs legal.

Bagaimana menurut Youdics dengan fenomena tersebut? Dan Youdics sendiri pilih streaming film legal atau ilegal?

1 Like

Tentu saja yang legal dong. Sebenarnya, aku gak menutup fakta bahwa dulu sebelum banyak aplikasi streaming seperti sekarang, aku menggunakan yang ilegal. Tapi namanya juga progres pengembangan diri ya teman-teman, sekarang udah menjadi lebih bijak dalam memilih.

Pokoknya, semenjak menggunakan aplikasi streaming legal, jadi gak tertarik buat nonton di link atau yang ilegal. Bahkan kaya oke-oke aja buat mengeluarkan uang buat berlangganan. Biasanya kalau yang legal itu nontonya bakal nyaman, gak ada iklan atau glitch aneh-aneh, subtitlenya juga gak aneh dan mudah dimengerti.

2 Likes

Untuk kategori film box office, mungkin tidak seberapa karena film yang cenderung sukses secara global. Namun untuk film independen atau budget kecil, sangat meresahkan. Biaya produksi dan artis tidak lah sedikit. Apabila streaming ilegal terus dilaksanakan secara masal tidak menutupi kemungkinan kerugian tersebut, maka profit < budget.

Aku sendiri tidak berlangganan maupun menonton secara ilegall film-film yang ada. Namun aku kira aplikasi streaming sekarang sudah canggih, efisien dan dapat diakses dimana-mana, sehingga memberikan benefit kepada pelanggan aplikasi streaming legal dibanding yang ilegal. Sekarang kita bisa menggunakan paket keluarga agar lebih hemat, tidak ada iklan yang mengganggu, video kualitas HD hingga 4K dan kita diberi kemudahan untuk menggunakan pulsa sebagai alat pembayaran.

2 Likes

Sudah pasti yang ilegal. Dulu saya juga menonton film dari website ilegal atau beli dvd bajakan karena dulu akses untuk menonton film yang original tanpa bajakan dan selain di bioskop itu mahal sehingga website ilegal dan dvd bajakan adalah solusi.

Kini telah hadir berbagai platform film yang berbayar. Dari biayanya sendiri cenderung berbeda-beda, kita tinggal pilih sesuai dengan kemampuan dan keinginan kita untuk membayarnya. Kelebihan menggunakan platform film berbayar yaitu audio dan visual yang bagus, tidak ada kendala error jika internet stabil, dan lebih mudah untuk mencari film yang kita inginkan. Berbeda dengan streaming ilegal yang sangat banyak iklan, gambar belum tentu bagus, dan terkadang error di tengah-tengah film.

2 Likes
Dari segi teknis sih sama ya tetapi mungkin lebih terjamin kenyamanan saat streaming film dari situs yang legal, karena kita membayar untuk melihat film yang segala kualitasnya pantas untuk dibayar, kalau streaming film ilegal kan kadang banyak iklan, video player nya kadang ux nya jelek asal bisa memutar film aja, lalu kualitas di film legal lebih bagus. Untuk orang Indonesia dikenal suk gratisan, sebenarnya ini benar karena orang Indonesia dulu susah untuk menjangkau bioskop dari segi ekonomi maupun jarak. Namun sekarang film legal lebih gampang dicari tanpa perlu ke bioskop terlebih dahulu dan juga murah, tapi film ilegal lebih mudah dicari juga. Kalau mau support pembuat film maupun organisasi yang menyediakan streaming legal kita bisa membeli langganan yang legal, ada juga penjual layanan murah dan ilegal. Jadi tidak bisa dipungkiri faktanya orang Indonesia lebih suka streaming film ilegal.
1 Like

Kalo menurut gw, lebih baik kita melakukan streaming film atau serial TV dari situs - situs yang legal mengingat zaman sekarang, akses untuk melakukan streaming legal juga sudah semakin banyak dan mudah serta tentunya dengan biaya yang cukup murah. Selain ketika menonton, kita terhindar dari gangguan - gangguan iklan serta mendapatkan gambar yang lebih jernis atau HD ketimbang melakukan streaming di situs - situs illegal, melakukan streaming dari situs - situs yang legal juga sangat membantu orang - orang yang sudah membuat film atau serial TV yang sedang kita tonton tersebut dalam hal pemasukan atau budget.

Tetapi memang, streaming film atau serial TV di situs - situs illegal juga menjadi alternatif tersendiri bagi orang - orang yang memang memiliki kantong cekak yang membuat mereka tidak mampu untuk membayar langganan streaming legal.

1 Like

menurut saya lebih bagus nonton legal, terkadang platform streaming legal yang kita sukai belum atau tidak menayangkan film yang kita ingin lihat, jadi mau tidak mau lebih memilih untuk menonton di platform straming illegal

Jujur sih untuk saat ini masih suka nonton film secara ilegal dengan mendownloadnya dari situs tidak resmi, dikarenakan saya masih belum punya penghasilan sendiri jadi agak merasa terbebani dengan harga langganan yang lumayan mahal, misalnya saja untuk langganan NETFLIX per bulan bisa sekitar 180rban untuk kualitas video yang bagus dan bisa streaming di 4 perangkat dari HP/Tablet, TV dan PC. belum lagi biaya langganan Wi-Fi yang lumayan mahal juga. Untuk saat ini saya tidak ingin membebani orang tua saya untuk membayar semua tagihan yang begitu besar.

Untuk sekarang ini, saya masih menonton film secara ilegal dan mengunduhnya dari situs yang tidak resmi. Mungkin kalau dibilang masyarakat Indonesia itu penyuka gratisan, maka saya termasuk ke dalam kelompok itu :laughing: dan juga belum punya penghasilan sendiri jadi lebih memilih untuk menonton secara ilegal.

Jujur, saya pernah menjadi penikmat web-web ilegal untuk menonton atau streaming film. Namun, semakin kesini makin banyak akun-akun yang berjualan web resmi dengan harga yang menurutku cukup terjangkau bagi seorang mahasiswa atau pelajar. Mulai dari 15k perbulan. Jadi, saya lebih memilih untuk menggunakan web legal karena lebih aman dan menghargai para pembuat film.