Pijat gigi lebih efektif mencegah karang gigi dibanding hanya menyikat gigi saja

https://cdn1-a.production.images.static6.com/oCVITEoXZM95-dAK3CyOAFQD8S8=/640x360/smart/filters:quality(75):strip_icc():format(jpeg)/liputan6-media-production/medias/1986858/original/030227300_1520847207-Berbagai-Kondisi-Rongga-Mulut-yang-Tidak-Boleh-Anda-Abaikan-By-Irina-Bg-shutterstock.jpg

Karang gigi adalah masalah kesehatan gigi yang sering kali dialami oleh banyak orang. Sebenarnya ada berbagai hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terbentuknya karang gigi yang bisa buat gigi berlubang, serta masalah lain yang bisa menyerang kesehatan gigi, yaitu dengan rutin menyikat gigi. Tetapi tahukah Anda baru-baru ini ada yang disebut dengan pijat gigi dan gusi?

Temuan ini muncul dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Swedia. Pada awalnya penelitian ini ingin menguji kualitas dari sebuah produk pasta gigi yang mengklaim bahwa produk tersebut mengandung fluoride 3 kali lebih banyak dari pasta gigi lainnya yang tersebar di Swedia. Kemudian, peneliti meminta sebanyak 16 responden untuk membersihkan dan menyikat giginya dengan beberapa cara dan melihat seberapa efektif cara tersebut dalam mencegah terbentuknya karang gigi.
Semua responden tersebut diminta untuk menyikat gigi dengan frekuensi yang berbeda, ada yang dua kali sehari, sementara yang lainnya tiga kali. Kemudian, ada kelompok yang disarankan untuk memijat gigi dan gusi saat sedang menyikat gigi. Tidak hanya itu saja, peneliti juga membandingkan pasta gigi dengan kandungan fluoride standar dengan fluoride tinggi.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan pasta gigi tinggi fluoride sebanyak 3 kali sehari memiliki 4 kali perlindungan terhadap kesehatan gigi lebih besar dibandingkan hanya dua kali menyikan gigi dengan menggunakan pasta gigi standar. Tidak hanya itu, peneliti juga menemukan bahwa dengan memijat gigi dan gusi dan menyikat gigi dua kali sehari, memiliki hasil yang sama seperti menyikat gigi 3 kali sehari menggunakan pasta gigi yang tinggi fluoride.
Penelitian ini menyatakan bahwa memijat gigi dan gusi Anda juga dapat meningkatkan perlindungan 400% lebih besar dibandingkan dengan hanya menyikat gigi biasa.