Permainan tradisional apa yang berada di daerah jawa timur ?

Permainan tradisional adalah permainan yang dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Kebanyakan permainan ini dilakukan dengan cara kelompok. Kehidupan masyarakat di masa lalu yang bisa dibilang tidak mengenal dunia luar telah mengarahkan dan menuntun mereka pada kegiatan sosial dan kebersamaan yang tinggi.

berikut ini adalah beberapa permainan tradisional yang berada di daerah jawa timur :

  1. Permainan Tradisional Jawa Timur Cublak-cublak suweng
    Cublak-cublak suweng, buat kamu yang asli dari Jawa Timur pastinya sudah tidak asing lagi mendengar kata yang satu ini, ya kata cublak-cublak suweng adalah permainan tradisional asli Jawa Timur punya, permainan ini cukup populer di kalangan anak-anak apalagi yang lahir tahun 90 an. Permainan ini juga masih dapat kamu jumpai karena masih sering dimainkan oleh anak-anak Jawa Timur

  2. Permainan Tradisional Jawa Timur Nekeran
    Nekeran adalah sebuah benda yang terbuat dari semacam kaca, berbentuk bulat dan memiliki diameter yang tidak besar dan kecil, nekeran juga dikenal dengan kelereng. Permainan ini menjadi permainan favorit anak laki-laki dan menjadi permainan tradisional Jawa Timur.

  3. Permainan Tradisional Jawa Timur Lompat Karet
    Lompat karet adalah permainan tradisional yang juga banyak dan sering dimainkan oleh anak-anak perempuan Jawa Timur, memang sebenarnya permainan ini bukan berasal dari Jawa Timur tapi permainan ini menjadi permainan yang populer di Jawa Timur.

  4. Permainan Tradisional Jawa Timur Petak Umpet
    petak umpet bukan hanya terkenal di Indonesia saja tapi permainan ini juga terkenal di belahan Dunia sana, permainan petak umpet sangat sering dimainkan di Indonesia dan sudah dikenal sejak lama.

  5. Permainan Tradisional Jawa Timur Benteng-bentengan
    Bentengan memerlukan pembagian dua kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5-10 orang/pemain, permainan tradisional bentengan banyak dijumpai di Jawa Timur

  6. Permainan Tradisional Jawa Timur Engklek
    Engklek merupakan suatu permainan tradisiona yang sekarang sudah jarang ditemui, meskipun begitu permainan yang satu ini pernah menjadi permainan yang populer dikalangan anak-anak pedesaan, khususnya anak-anak perempuan.

  7. Permainan Tradisional Jawa Timur Congklak
    Congklak adalah permainan yang keberadaanya saat ini masih dapat dan banyak dijumpai, permainan yang membutuhkan alat ini dapat membuat otak berfikir karena jika asal jalan atau asal main kamu akan kalah dan kamu akan bermain dengan waktu yang singkat.