Pepatah Jawa - Hidup Itu Nyata

Urip iku urup.

Motto sukses Jawa kuno yang berarti hidup itu nyata ini memiliki arti yang sangat dalam. Yakni hendaknya hidup kita itu harus memberikan manfaat bagi orang lain.

Sehingga segala hal yang kita lakukan itu memiliki sebuah makna dan memiliki arti. Tidak sekedar makan, minum, dan tidur saja.

Sumber:

Dibalik manusia hidup dan ciptakan ada maksud dari Sang pencipta, tidaklah mungkin manusia dilahirkan ke dunia ini tanpa alasan yang pasti. Ada tujuan dari Sang pencipta mengapa manusia harus hidup, mengapa manusia harus berada di bumi.kita semua adalah khilafah (pemimpin), yang dipercaya untuk tinggal di bumi, memakmurkan bumi dan menebarkan welas asih kepada sesama manusia.

Hidup yang berarti itu tidak mesti kita harus menjadi orang kaya, pejabat atau posisi prestise yang lain. Menjadikan hidup kita lebih berarti bisa diartikan hidup kita bisa bermanfaat bagi orang lain.

Bisa membuat hidup orang lain juga berarti, karena masih banyak disekeliling kita, mereka yang kurang beruntung daripada kita. Bahkan hanya untuk sekedar makan saja mereka harus bekerja keras demi dapat menyambung hidup.