Penyebab sakit gigi saat hamil?

Ketika sakit gigi menyerang, ibu hamil harus jeli dalam memilih obat sakit gigi yang akan dikonsumsi agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk janin dalam kandungan. Sakit gigi pastinya sangat mengganggu Anda, rasanya bisa sakit sekali. Apalagi, jika sakit gigi terjadi saat hamil. Mungkin Anda akan buru-buru mengambil obat untuk meredakan sakitnya. Eits… tapi tunggu dulu, ingat Anda sedang hamil. Jadi, tidak sembarang obat sakit gigi bisa Anda gunakan.

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil
Sakit gigi selama masa kehamilan dapat bermacam-macam, mulai dari penyakit di gusi hingga gigi berlubang. Berikut hal-hal yang terkait dengan timbulnya sakit gigi saat hamil serta cara meringankan gejalanya:

  • Perubahan hormon
    Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan meningkatkan kemungkinan munculnya peradangan di gusi (gingivitis). Pada gingivitis, gusi membengkak dan terkadang berdarah saat ibu menyikat gigi. Penyakit lain yang dapat timbul oleh kehamilan adalah penyakit periodontal, yaitu penyakit pada jaringan pendukung gigi. Kondisi ini dapat timbul akibat gingivitis yang tidak ditangani dengan baik.

  • Muntah
    Hormon-hormon kehamilan membuat cincin otot yang menjaga makanan di dalam lambung melemah. Memuntahkan makanan atau minuman membuat gigi terkena asam lambung yang kuat. Muntah yang berulang-ulang pada akhirnya dapat merusak enamel gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

  • Kekurangan kalsium
    Selain dua hal di atas, dahulu dipercaya bahwa bila ibu kekurangan asupan kalsium, maka giginya akan lebih rentan berlubang karena kebutuhan kalsium bayi diambil dari gigi ibu. Namun kepercayaan itu tidak sepenuhnya benar karena kebutuhan kalsium bayi akan terlebih dahulu diambil dari tulang ibu bila asupan kalsium ibu kurang. Bila sudah sangat berkekurangan, barulah gigi ibu juga dapat terkena dampak.

sumber: Sakit Gigi Saat Hamil, Ini Penyebabnya - Alodokter