Penyakit gusi berpotensi membuat wanita tidak subur?

penyakit gusi berpotensi membuat wanita tidak subur?

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap lebih dari tiga ribu wanita hamil di Australia, para peneliti menemukan bahwa penyakit gusi bisa membuat wanita tidak subur, bahkan bisa memperlambat peluang untuk pembuahan hingga dua bulan.
Dalam penelitian ini diketahui wanita yang mengalami penyakit gusi harus menunggu kurang lebih tujuh bulan sampai setahun lamanya agar bisa hamil. Sementara rata-rata wanita yang tidak memiliki masalah gigi dan mulut biasanya hanya perlu menunggu kurang lebih lima bulan saja untuk bisa hamil.
Penting untuk ditunjukkan jika peningkatan faktor risiko ini hanya ditemukan pada wanita non-Kaukasia. Hal ini dikarenakan penelitian ini dilakukan pada wanita yang memiliki latar belakang Asia.
Jadi, etnis atau ras ikut berperan sebagai faktor risiko penyakit gusi selain faktor genetik. Salah satu kemungkingan terbesar hubungan antara kesehatan mulut yang buruk dan kesuburan wanita adalah imunologis. Para peneliti mengganggap jika wanita Asia memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rentan terhadap penyakit gusi. Akibatnya, hal tersebut membuat mereka berpeluang besar menghadapi berbagai masalah kesehatan lainnya akibat penyakit gusi.