Penyakit apa saja yang dibawa Kutu pada Anjing?

Salah satu jenis parasit yang kerap menyambangi anjing tersayang adalah ckutu (flea). Kutu menghisap darah dan menularkan penyakit. Bulu yang halus dan kulit anjing yang hangat menjadi tempat ideal bagi keberlangsungan hidup kutu. Jika dibiarkan, parasit ini dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti anemia, infeksi kulit, bahkan mematikan seperti Rocky Mountain Spotted Fever.

  1. Lyme disease. Lyme disease disebabkan oleh infeksi bakteri. Manusia, kucing, anjing dan mamalia dapat terkena penyakit yang disbabkan oleh caplak berkaki delapan (ixodes scapularis) yang biasa dibawa oleh tikus. Kutu tersebut biasanya hinggap ke anjing dan manusia dan menularkan bakteri penyebab lyme disease. Tanda-tanda dari lyme disease ini adalah depresi, kelenjar getah bening yang membengkak, hilangnya nafsu makan dan demam, nyeri dan kaki pincang. Penyakit ini juga dapat mengakibatkan gagal ginjal.

  2. Ehrlichiosis. Penyakit ini memiliki gejala dan komplikasi yang mirip dengan lyme disease. Ehrlichiosis merupakan infeksi sel darah. Manusia dan binatang lainnya juga dapat terkena penyakit ini. Ada tiga jenis Ehrlichiosis, yaitu ehrlichiosis canis yang disebabkan oleh caplak berwarna coklat; Ehrlichia ewingii dan Ehrlichia chaffeensis yang ditularkan oleh caplak jenis lone star tick.

  3. Rocky Mountain Spotted Fever. Penyakit ini timbul dengan cepat dan umumnya bertahan selama dua minggu. Jangan anggap sepele karena penyakit ini berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Penyakit ini menyebabkan komplikasi seperti kehilangan darah, anemia, kelumpuhan, iritasi kulit dan infeksi.