Pandemi rasisme, Kapan “enyah” dari Muka Bumi?

Saat ini, dunia sedang diguncang dengan adanya pandemi Covid-19 yang meluluh lantahkan banyak negara. Namun, jauh sebelum bumi dihantam pandemi Covid-19, manusia telah “berperang” melawan pandemi rasisme. Penyakit yang sejak berabad-abad lamanya tak pernah sembuh. Rasisme sendiri banyak macamnya, mulai dari hinaan dan stereotipe terhadap warna kulit dan bentuk fisik serta suku dan ras, diskriminasi di sekolah, tempat kerja, pengadilan, hingga intimidasi oleh aparat keamanan, banyak orang di seluruh dunia didiskriminasi hanya karena warna kulitnya. Rasisme sendiri bisa terjadi dimana saja, dan yang cukup sering terjadi adalah di gelaran sepakbola.

Merebaknya protes anti-rasisme seperti Black Lives Matter, Papuan Lives Matter, dan yang terkini Stop Asian Hate adalah akumulasi kemarahan terhadap diskriminasi rasial yang melanggar hak orang sejak berabad-abad lalu, yang menyebabkan berbagai kesenjangan yang merugikan sampai sekarang. Pemikiran rasis bisa membuat seseorang punya prasangka buruk terhadap ras tertentu. Prasangka buruk ini bisa berdampak negatif terhadap orang yang terdiskriminasi. Bahkan rasisme mengawali banyak peristiwa mengerikan dalam sejarah dunia, yang mungkin dikenal adalah peristiwa nahas yang dialami George Floyd.

Nah, menurut kalian, bagaimana bahaya dari rasisme bila terus dibiarkan? Bagaimana cara menghentikan rasisme? Tulis pendapat kalian dikolom komentar yaa.

menurut saya, rasisme adalah sebuah perilaku yang tumbuh dan tercipta karena kebudayaan. saya percaya tidak ada satu pun manusia yang lahir di dunia ini langsung memiliki sifat merendahkan orang lain hanya karna mereka terlihat berbeda dengannya. rasisme hadir karena konsep sosial yang terstruktur di masyarakat. singkatnya, rasisme diajarkan turun temurun sehingga terbentuklah suatu “kebudayaan”. maka dari itu, untuk menghentikan rasisme yang telah tumbuh turun temurun adalah dengan memutus rantai kebudayaan tersebut. salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan terus memberikan edukasi mengenai gerakan - gerakan anti-rasisme

Jika rasisme terus dibiarkan akan memberikan dampak buruk sebagai berikut.

  1. Menimbulkan adanya permasalahan dan konflik yang sifatnya horizontal.
  2. Beberapa kelompok minoritas akan merasa terdiskriminasi dan terkucilkan.
  3. Hilang dan punahnya beberapa kelompok yang merasa tersingkir.
  4. Menyebabkan adanya disintergrasi bangsa.
  5. Pecahnya persatuan dan kesatuan yang sebelumnya telah terjalin disuatu wilayah.
  6. Akan berdampak pada kondisi psikologis dan mental seseorang apabila secara terus menerus dirasisi.

Dan bagaimana cara kita menghentikan rasisme? sebelum kita berpikir untuk menghilangkan rasisme dari muka bumi yang sifatnya sangat luas, ada baiknya lakukan dari hal kecil, yaitu berkaca dan intropeksi. Kadang, secara tidak sadar kita pernah melakukan tindakan rasisme. Oleh karena itu, pergerakan yang tepat yaitu pergerakan yang diawali dari diri kita sendiri.

Summary

Rasisme: Pengertian - Contoh dan Dampaknya - HaloEdukasi.com