Pandemi ke Endemi, Seberapa siap Indonesia "hidup berdampingan" dengan Covid-19?


Hadirnya wabah Covid-19 pada awal tahun 2020 hingga saat ini masih menjadi sebuah tantangan bagi seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Beberapa langkah telah ditempuh Pemerintah Indonesia guna menangani wabah ini, seperti: Strategi pencegahan dan penularan Covid-19, Peningkatan sistem keamanan tubuh, peningkatan sistem kapasitas kesehatan, peningkatan ketahanan pangan dan produksi pangan, serta memperkuat jaring pengamanan sosial nasional (safety net).

Namun, kebijakan yang telah dilakukan pemerintah belum sepenuhnya optimal melihat angka kasus Covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi. Merespon tanggapan masyarakat akan kepastian kapan pandemi ini berakhir, baru-baru ini Pemerintah menyiapkan langkah penanganan Covid-19 dalam bingkai endemi, yang artinya nanti akan menjadi wabah yang sifatnya sporadis di tempat-tempat tertentu seperti flu, demam berdarah dan lainnya.

Namun perlu diketahui bahwa langkah mencapai tujuan itu tidak mudah. Negeri Jiran dan Singapura dengan tingkat vaksinasi tertinggi di dunia telah memperkenalkan skenario hidup berdampingan dengan Covid-19 sejak Juli lalu, berbeda dengan Indonesia yang masih belum mempunyai rencana rinci. Lantas, apakah masyarakat Indonesia siap “berdampingan” dengan Covid-19? Dan apa saja yang perlu dipersiapkan Indonesia untuk mencapai rencana ini? Let’s discuss!