Obat apa yang aman untuk ibu hamil yang mengalami gusi bengkak?

Ibu hamil tidak dapat sembarangan meminum obat bahkan obat warung sekalipun, lalu bagaimana jika ibu hamil tersebut mengalami gusi bengkak? apa saja obat yang aman?

Paracetamol menurut FDA tergolong dalam kategor B bagi wanita hamil, yang artinya studi pada percobaan hewan tdk menunjukkan adanya risiko terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil, sehingga lebih aman dikonsumsi. Sedangkan asam mefenamat tergolong dalam kategori C yang artinya studi pada percobaan hewan menunjukkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. obat pada wanit hamil hanya diberikan ketika manfaatnya lebih besar dibandingkan risikonya. dan pda wanita hamil yang telah memasuki usia trimester 3, asam mefenamat tergolong dalam kategori D yaitu ada bukti positif mengenai terhadap janin manusia. sehingga penggunaan asam mefenamat oleh ibu hamil harus diberikan secara hati-hati.

Yang dapat anda lakukan selain mengkonsumsi obat dan memeriksakan diri ke dokter yaitu dengan meningkatkan kebersihan area rongga mulut, dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C.