Mulai sejak umur berapa anak diperbolehkan untuk scalling?

Scalling gigi pada anak harus lebih memperhatikan umur yang tepat agar terhindar dari risiko, lalu mulai sejak umur berapa anak diperbolehkan untuk scalling?

Proses scaling atau pembersihan karang gigi bisa menjadi solusi terhadap masalah karang gigi pada anak. Proses ini mungkin sering diabaikan orang tua karena merasa anak-anak sudah cukup rutin menyikat gigi. Namun, pemeriksaan gigi sebaiknya dilakukan pada anak-anak, apabila diperlukan, proses scaling juga harus dilakukan. Sebenarnya, sejak umur berapakah gigi diperbolehkan scaling?

Tidak ada umur pasti, selama gigi susu anak sudah tumbuh dan dipenuhi plak yang berlebihan, anak sudah diperbolehkan scaling untuk menuntas plak. Idealnya, pembersihan karang gigi dilakukan setiap enam bulan sekali, sama seperti memeriksa gigi.

Apabila kemampuan gigi untuk membersihkan diri menurun, besar kemungkinan bakteri akan lebih mudah menempel pada karang gigi dan menjadi penyebab timbulnya karies gigi. Jika gigi sudah mulai berlubang dan tidak segera ditangani, maka kerusakan yang ditimbulkan akan menjadi semakin besar dan bisa mengakibatkan gigi harus dicabut.

Periksalah kesehatan gigi anak secara rutin. Terapkan kebiasaan menyikat gigi sebanyak dua kali sehari pada anak-anak agar mencegah timbulnya karang gigi. Serta, kontrol konsumsi makanan anak setiap harinya.