Mouthwash tidak hanya menyegarkan namun juga membersihkan gigi loh!

Berkumur menggunakan mouthwash (obat kumur) setelah menyikat gigi dipercaya dapat menghilangkan bau mulut dan memberi sensasi segar di mulut.

Mouthwash umumnya merupakan cairan obat atau antiseptik yang digunakan untuk membersihkan area rongga mulut seperti sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan. Mouthwash menawarkan keuntungan lebih dengan menjangkau area dalam rongga mulut yang tidak mudah diakses dengan hanya menyikat gigi saja.

Kendati tidak bisa dikatakan sebagai pengganti kebiasaan menyikat gigi, penggunaan mouthwash memiliki banyak manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Tak hanya menyegarkan napas dan mencegah gigi berlubang, penggunaan mouthwash juga bertujuan untuk membantu mencegah kerusakan gigi, mengurangi karang gigi, mencegah radang gusi dan rongga mulut, serta dapat membantu memutihkan gigi. Manfaat mouthwash yang tak kalah penting adalah membunuh bakteri di permukaan dan daerah yang sulit dijangkau pada rongga mulut, bahkan mengurangi risiko bakteremia atau menyebarnya bakteri melalui aliran darah dari mikroorganisme yang berada di rongga mulut. Sehingga, mouthwash efektif membantu memastikan kesehatan gigi dan mulut, termasuk menjaga gigi kuat dengan melawan kuman penyebab gigi berlubang.