Monumen ini terbuat dari gigi manusia

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata.

Pada kota Elkhart, Indiana, Amerika Serikat. Tepatnya di sudut jalan persimpangan Riverside Drive dan Lexington Avenue, Anda akan menemukan blok beton yang terdiri dari sekumpulan gigi manusia.

Blok gigi tersebut merupakan monumen untuk memperingati kematian seorang dokter gigi lokal bernama Dr. Joseph Stamp pada 1978. Stamp meninggal di usia 88 tahun akibat serangan jantung.

Sebenarnya, blok gigi tersebut dibuat oleh Stamp semasa hidupnya. Ia punya kebiasaan unik, yakni mengumpulkan gigi-gigi pasiennya. Dokter eksentrik itu mengawetkan gigi-gigi tersebut dengan bahan kimia, lalu disimpan di barel miliknya.

“Dia orang yang sangat pandai,” ujar Susan Howard, cucu Stamp, dikutip Amusingplanet Ahad (31/5). Susan bercerita, kakeknya selalu berusaha mencari cara untuk menggunakan sesuatu yang sudah ditemukannya.

Baik Howard maupun ketiga saudara lelakinya pun mengerti mengapa Stamp mengisi monumen dengan gigi. Bagi Susan, itu merupakan cara agar kakeknya selalu diingat.

Kini, monumen tersebut mendapat perawatan secara berkala. Pernah suatu hari, anak-anak bermain di dekat monumen dan mencabut gigi yang menempel di beton untuk menakuti anak-anak lain.

sumber: Monumen Ini Terbuat dari Kumpulan Gigi Manusia? | Republika Online