Menurutmu seberapa pentingkah memiliki "good look"?

Paras rupawan seringkali memikat mata. Hal ini tidak terlepas dari sifat manusia sebagai makhluk visual yang menyukai keindahan.

Terdapat berbagai stereotip terhadap orang yang memiliki penampilan menarik. Good look juga merupakan salah satu faktor penentu kesan pertama, yang selanjutnya akan berdampak pada persepsi positif dari orang lain. Orang yang rupawan juga cenderung lebih dipercaya sebagai orang yang lebih pintar, lebih sukses, lebih mudah bergaul, lebih dominan, lebih sehat mentalnya, dan lebih percaya diri daripada orang yang tidak menarik secara fisik (Cialdini, 1984). Orang yang lebih menarik, lebih mungkin dipekerjakan dan memiliki upah yang lebih tinggi.Mereka juga lebih mudah bergaul dan lebih mendapat perhatian dibanding yang penampilannya kurang menarik.

Bagaimana pendapat kalian mengenai good look? Apakah itu merupakan hal yang penting atau tidak?

Menurutku, menjaga penampilan itu sangat penting karena seperti yang di aku quotes kalo penampilan yang good looking dapat menjadi penentu kesan pertama yang dapat membentuk persepsi orang lain yang positif terhadap kita. Namun, perlu aku tegesin disini bahwa good looking itu bukanlah “good” yang ganteng atau cantik. Good looking yang aku maksud adalah bahwa kita dapat selalu menjaga penampilan kita yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang kita hadapi. Misalkan kita dapat berpakaian rapi dan formal saat akan menghadiri wawancara kerja, atau tampil casual saat hangout bersama kolega atau temen, dan sebagainya. Good looking merupakan sikap kita yang selalu dapat menjaga dan merawat diri serta penampilan agar diri sendiri maupun orang lain dapat selalu nyaman saat bersama kita.

Good looking menurut pendapatku adalah sikap dimana kita dapat selalu menjaga diri kita selalu bersih, wangi, dan nyaman dipandang. Sikap itu sangat penting dalam berbagai momen karena dapat berpengaruh fatal terhadap kita, seperti orang akan cenderung lebih mudah menerima kita, lebih mempercayai kita, dan dapat meningkatkan wibawa kita. Dengan demikian, urusan kita menjadi lebih dimudahkan kalo kita dapat menjaga penampilan kita. Hal itu dapat terjadi karena lawan bicara kita akan merasa bahwa kita menghargai mereka dengan telah berusaha bersikap good looking. Jadi kesimpulannya, good looking merupakan sikap yang sangat penting buat selalu kita terapin di berbagai momen. Sekali lagi aku tegesin kalo good looking bukanlah “good” yang ganteng atau cantik, melainkan kita dapat selalu menjaga diri kita seperti bersih, rapi, wangi, dan berpakaian yang sesuai dengan kepentingannya. Kita harus peduli dan menghargai dengan diri kita sendiri jika kita ingin orang lain juga menghargai kita.

Penampilan memang bukan faktor utama yang akan membuat seseorang sukses, namun, penampilan yang menarik dapat menjadi salah satu dari faktor yang dapat membantu seseorang menjadi sukses. Mungkin beberapa dari kalian tidak merasa demikian, namun hal itu benar. Orang yang memiliki penampilan menarik biasanya akan merasa lebih percaya diri dalam melakukan apapun dan memiliki keyakinan akan kesuksesan. Kemudian orang-orang dengan penampilan yang menarik cenderung memiliki keahlihan sosialisasi yang baik. Kepercayaan diri yang mereka miliki membuat seseorang dengan penampilan menarik dapat dengan mudah bersosialisasi dengan banyak orang. Sebenarnya penampilan menarik bukan hanya dari wajah yang cantik ataupun tampan, melainkan bagaimana seseorang dapat menata penampilan, dari memilih busana yang tepat hingga berdandan. Selain itu, juga harus menyeimbangkannya dengan kepribadian yang baik.

1 Like

Penampilan adalah hal paling pertama yang dinilai saat bertemu dengan orang baru untuk pertama kalinya. Maka dari itu menjaga penampilan sangatlah penting, apalagi jika kita memasuki dunia kerja. Bukan karena biar disukai oleh orang tetapi lebih baik jika kita tau mengurus diri atau menjaga diri kita contohnya seperti menjaga kebersihan diri dengan mandi teratur atau sikat gigi teratur, karena jika kita bertemu dengan orang lain dan mengetahui bahwa mereka memiliki bau mulut atau bau badan tidak sedap pastinya kita akan berpikir bahwa orang itu tidak tau menjaga atau mengurus penampilannya, begitu juga sebaliknya.
Contoh lainnya jika kita melamar pada suatu pekerjaan dan melakukan interview bersama HRD dan jika dia melihat kita berpenampilan urakan saat interview? Dalam dunia kerja, istilah “dress for success” sudah cukup populer. Apa yang Anda pakai sangat berpengaruh terhadap apa yang akan Anda raih. Saat memilih pakaian yang akan kita kenakan ke kantor, sesuaikan juga dengan lingkungan kerja kita. Jika kita bekerja perusahaan startup yang rata-rata pekerjanya anak muda, kita tak perlu mengenakan pakaian yang terlalu formal. Begitu pula jika kita bekerja di BUMN atau kantor pemerintahan yang menuntut pekerjanya mengenakan pakaian formal atau seragam. Pastikan kita selalu mengenakan pakaian yang sopan dan bisa menempatkan diri dengan baik.

1 Like

Benar juga. Good look itu bukan hanya soal keelokan paras bawaan lahir. Ia juga mencakup upaya kita untuk menampilkan versi terbaik diri, sesuai dengan waktu dan tempat.

1 Like