Mengenali tahapan tumbuh kembang gigi buah hati

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata.

Tahapan Pertumbuhan Gigi

Biasanya, gigi bayi akan tumbuh di sekitar umur enam hingga sepuluh bulan. Saat Si kecil mencapai enam bulan, gigi yang tumbuh biasanya di bagian depan. “Dari anak lahir hingga berusia dua tahun, giginya akan tumbuh gigi susu. Pertumbuhan ini akan terus berlangsung hingga Si Kecil mencapai usia dua tahun,” ujar Dr. drg. Yosi Kusuma Eriwati, M.Si., saat ditemui Fimela Family.

Menurut dokter Yosi, memang ada semacam “jadwal” dan tahapan tumbuh kembang anak, misalnya pada umur 6 bulan akan muncul gigi seri bawah di bagian tengah, dilanjutkan dengan gigi seri di bagian atas tengah. Lalu, pada saat mencapai 10 bulan, gigi seri di bagian samping akan tumbuh dan saat mencapai 14 bulan, Si Kecil akan memiliki gigi geraham.

“Biasanya memang gigi anak akan tumbuh dari depan dulu, lalu satu per satu gigi belakangnya akan tumbuh. Patokannya, akan ada 20 gigi yang memenuhi mulut bayi hingga dua tahun,” jelas Drg. Yosi.

Proses pertumbuhan gigi ini juga mungkin terasa sulit bagi Si Kecil karena terkadang ia akan uring-uringan, rewel, hingga demam. Karena itu sebagai orangtua, kita harus sabar mendampingi Si Kecil dan mengerti bahwa anak sedang “berjuang” untuk menumbuhkan giginya.

sumber: https://family.fimela.com/anak/kuat-sehat/kenali-tahapan-tumbuh-kembang-gigi-buah-hati-140911m.html