Mengenal Mobil Balap Tamiya Drag! Mari Simak!

Mobil Balap Tamiya Drag

Tamiya drag merupakan jenis tamiya yang digunakan untuk balap pada lintasan lurus saja. Oleh karen itu tamiya drag memiliki desain yang sederhana dan dibuat seringan mungkin dan dibuat agar gesekan dengan track seminimal mungkin. Secara detil mobil tamiya drag akan diuraikan tahap demi tahap berikut proses pembuatan hingga seting pada balap tamiya drag.

Lomba Balap Tamiya Kelas Drag

Lomba Balap Tamiya Kelas DragBalap tamiya elas drag adalah balap tamiya yang dilakukan pada lintasan lurus saja. Panjang track balap tamiya drag dapat dibuat dengan 100 hingga 200 keping track lurus. Pada balap tamiya kelas drag ini pada umumnya yang diperebutkan adalah juara 1,2,3 dan BTO (Best Time Overall).

Pada artikel tamiya drag ini akan kami sampaikan beberapa hal tantang tamiya drag berdasarkan pengalaman membuat dan mengikuti lomba balap tamiya drag tersebut.

Mobil Tamiya Drag

Mobil tamiya untuk balap kelas drag memiliki bentuk yang ramping, ringan dan didesain minim gesekan baik terhadap track maupun gesekan pada sistem transmisi. Untuk membuat mobil tamiya drag diperlukan beberapa bahan seperti chasis speed buntung HJH, fiber dengan ketebalan 1,5mm dan sparepart tamiya seperti roler, roda, as, gir ,terminal dan mesin tamiya.

Membuat Mobil Tamiya Drag

Membuat Mobil Tamiya DragDalam membuat mobil tamiya drag buatlah mobil dengan desain sederhan dan tingkat presisi yang tinggi. Kami membuat mobil tamiya drag dengan bahan sederhana saja seperti terlihat pada gambar berikut.

Dari gambar diats terlihat bentuk mobil tamiya drag yang sederhana dan ramping. Roler yang dipergunakan cukup 4 buah yang berfungsi untuk menjaga mobil selalu ditengah lintasan dan gesekan dengan track sekecil mungkin. Untuk mengurangi gesekan pada lintasan dibuatlah roler 4 buah pada setiap sisi mobil dengan diameter kecil dan bearing yang lancar.

Roda untuk mobil balap terdiri roda depan dan roda belakang. Roda depan juga dibuat dengan teflon seperti roler samping tersebut dengan diameter kecil. Sedangkan roda belakang dibalut dengan spon dari bahan yang bagus agar tidak selip dengan ukuran disesuaikan dengan gir yang digunakan dan kemampuan mesin kita. Pada mobil balap penggunaan roda untuk menahan mobil agar tidak jumping (terangkat) diganti menggunakan fiber panjang, kecil dan tipis agar ringan.

Perlu diperhatikan pada saat seting bemper, roda dan roler  harus presisi agar mobil tamiya drag ini dapat berlari lurus dengan sedikit gesekan pada lintasan.

Mesin Tamiya Drag

Untuk mesin pada lomba balap tamiya drag kami buat tidak jauh beda dengan mesin untuk balap tamiya kelas speed. Untuk mesin tersebut kami buat sendiri dengan gulungan dobel dan menggunakan kawat email ukuran 0,6 – 0,65 mm. Kemudian untuk magnet mesin tamiya drag kami gunakan magnet dengan ketebalam 2,3 mm panjang 13 mm tipe semi strong. Pada sat merakit mesin ini pastikan brush bersih dan bearing lancar sehingga dari sisi mesin tanpa gesekan sehingga putaran mesin akan maksimal. Untuk memaksimalkan daya baterai sampai ke mesin gunakan terminal dari bahan perak dan seting brush mesin dengan tepat.

Seting Gir Tamiya Drag

Gir pada tamiya drag berperan sangant penting dalam mendistribusikan daya dan putaran mesin ke roda mobil. Berdasarkan pengalaman kami justru menggunakan gis shaft antara 30 hingga 34 untuk kelas drag dan gir mesin tetap menggunakan gir15 atau 16 saja. Hal ini kami lakukan karena lintasan atau track balap ktamiya kelas drag yang pendek (100-200 keping) dan hanya sekali jalan. Oleh karena itu perlu tarikan yang cepat dari saat mulai start hingga finis. Bahkan ukuran roda belakang yang kami gunakan pada lomba balap tamiya drag ini kami buat dengan ukuran tidak jauh dari mobil tamiya speed. Ukuran roda belakang kami buat dengan diameter total 27 hingga 29 mm saja.

Dengan kondisi mobil yang presisi dan seting gir yang tepat tersebut maka daya dari baterai dan mesin akan optimal sampai pada roda sehingga diperoleh kecepatan maksimal pada mobil tamiya drag kita.

Dari semua jenis tamiya yang ada memang tamiya ini yang paling saya suka hahahaha :smiley: gpp lah tidak membentuk untuk segi desain akan tetapi dari kecepatan jangan tanya :smiley: ambil tamiyanya saja harus pakai sarung tangan setelah melaju di lintasan hahaha