Mengenal gigi bungsu atau gigi geraham ketiga

igi tumbuh menghadap ke samping bukan ke atas atau biasa juga disebut gigi tidur. Nah, gigi tidur ini biasanya menyakitkan, tapi juga bisa tidak

Gigi geraham ketiga atau gigi bungsu biasanya muncul pada saat Anda sudah dewasa, di sekitar usia 17-25 tahun. Gigi bungsu ini akan tumbuh di rahang sebelah kanan dan kiri, serta di rahang atas dan bawah. Idealnya, gigi bungsu tumbuh dengan sehat, tumbuh sepenuhnya dengan posisi yang benar, dan mudah dibersihkan. Sayangnya, pertumbuhan gigi bungsu sering tidak berjalan mulus.
Karena tumbuh belakangan, area gusi sebagai tempat untuk pertumbuhan gigi bungsu mungkin menjadi sempit karena pertumbuhan gigi lainnya. Hal ini membuat gigi bungsu sulit untuk muncul ke permukaan, sehingga tidak bisa tumbuh sejajar dengan gigi lainnya.
Seringnya, gigi bungsu tumbuh ke samping bukan ke atas, sehingga disebut gigi tidur. Gigi tidur ini bisa “menabrak” gigi di sampingnya, sehingga menyebabkan nyeri yang tak tertahankan, bahkan bisa merusak gigi yang ada di dekatnya.