Mengapa saat sakit, dokter selalu memeriksa bagian mulut terlebih dahulu?

Secara tidak sadar setiap kita ke dokter untuk memeriksakan keadaan tubuh kita, dokter selalu memeriksa bagian mulut terlebih dahulu. lalu mengapa dokter selalu memerikasa bagian mulut terlebih dahulu? benarkah karna melihat lidah?

Bila kita datang ke dokter seringkali lidah kita diperiksa. Keadaan lidah yang ditandai dengan warna-warninya memang bisa memudahkan dokter untuk mendiagnosa kesehatan tubuh. Bahkan menurut dr. K. Vardachari Truvengadam, Pakar kesehatan senior dari India menyatakan bahwa lidah, gusi dan bagian mulut lain dapat memberikan petunjuk pada beberapa penyakit seperti penyakit diabetes dan penyakit jantung. Nah inilah beberapa keadaan lidah yang bisa mencerminkan atau mengartikan kesehatan tubuh seseorang.

Lidah Berwarna Putih

Gejala pertama dari lidah adalah warna putih. Bila Anda mendapati lidah berwarna putih maka hal ini mengartikan bahwa tubuh sedang kekurangan cairan (dehidrasi) atau juga mengartikan rongga mulut terkena infeksi bakteri serta jamur.

Lidah Berwarna Merah

Berikutnya, tanda warna lidah yang berkaitan dengan kesehatan tubuh adalah merah. Jika Anda sedang mendapati warna merah pada lidah Anda maka itu artinya tubuh kekurangan vitamin B12 dan B3 atau kekurangan folat. Orang yang sedang terkena demam berdarah dan juga infeksi biasanya lidah mereka juga akan berwarna merah.

Lidah Berwarna Merah Terang

Warna terang yang muncul pada lidah juga dapat memberikan arti tersendiri. Bila lidah Anda berwarna merah terang maka itu artinya jantung Anda sedang mengalami masalah. Selain itu warna merah terang juga bisa mencerminkan adanya penyakit yang berhubungan dengan darah di tubuh.

Lidah Berwarna Ungu

Warna lain yang bisa muncul pada lidah adalah ungu. Jika lidah Anda berwarna ungu maka hal ini mengartikan ada kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh. Pertanda lain yang mencerminkan warna ungu pada lidah yakni adanya gejala penyakit bronkitis kronis.

Lidah Berwarna Hitam

Warna lidah juga bisa berwarna hitam. Jika Anda mendapati lidah Anda berwarna hitam maka Anda harus berhati-hati karena gejala diabetes sedang menghinggapi tubuh.

Lidah Berwarna Coklat

Lidah berwarna coklat pada lidah juga mencerminkan kesehatan yang memburuk yakni awal mula gejala kanker kulit.

Lidah Berwarna Pink Terang

Terakhir, warna yang bisa muncul pada lidah adalah pink terang. Untuk warna pink terang ini menandakan bahwa kesehatan Anda dalam keadaan yang baik dan sehat.