Mengapa gigi bisa ompong di usia paruh baya?

11

Gigi ompong pada usia paruh baya, tandanya Anda harus wasapada, karena kondisi ini terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi, terlepas dari faktor risiko tradisional seperti tekanan darah tinggi, pola makan yang buruk, dan diabetes. Mengapa gigi bisa ompong di usia paruh baya?

Kondisiini ini, seperti melansir Medical News Today, adalah kesimpulan dari penelitian awal di Tulane University School of Public Health dan Tropical Medicine di New Orleans, LA, dan Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston, MA.

Mereka menjelaskan bahwa, selain asosiasi mapan lainnya antara kesehatan gigi dan risiko penyakit, temuannya menunjukkan bahwa orang dewasa setengah baya yang kehilangan dua atau lebih gigi di masa lalu baru-baru ini bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Studi ini bukan yang pertama untuk menyelidiki hubungan antara kesehatan gigi dan penyakit kardiovaskular (CVD), tetapi ini adalah yang pertama untuk fokus pada gigi ompong selama usia paruh baya dan mengecualikan apa yang terjadi sebelumnya.

CVD adalah istilah umum untuk penyakit jantung dan pembuluh darah. Ini termasuk penyakit pada pembuluh darah yang memasok: otak (seperti stroke dan penyakit serebrovaskular lainnya); otot jantung (penyakit jantung koroner); serta lengan dan kaki (penyakit arteri perifer).

Ini juga mencakup kondisi lain yang dapat merusak jantung (seperti penyakit jantung rematik dan penyakit jantung kongenital), serta kondisi di mana gumpalan darah membentuk dan memblokir suplai darah (seperti trombosis vena dalam dan emboli paru).

Sumber: http://doktersehat.com/gigi-ompong-di-usia-paruh-baya-waspasa-penyakit-berbahaya/