Mengapa banyak anak muda yang sangat antusias terhadap hal-hal yang berbau Korea?

image

Tak sulit kita jumpai berbagai produk budaya Korea yang menjamur di Indonesia. Mulai dari Kpop, drama Korea, makanan Korea, hingga trend make up ala Korea. Peminatnya kebanyakan berasal dari kalangan anak muda. Misalnya saat ada suatu postingan tentang hal dari Korea, postingan tersebut mudah mendapatkan perhatian yang besar dari netizen. Mengapa trend serba Korea sangat cepat menyebar di Indonesia? Dan bagaimana pengaruh dari banyaknya anak muda yang terpincut dengan produk budaya Korea?

menurutku, tidak hanya di Indonesia fenomena ini terjadi. ini dipengaruhi oleh industri perfilman dan musik dari Korea yang udah memasuki pasar Internasional. berawal dari penasaran atau mungkin tidak menyukai akan hal itu, menjadi ketagihan akannya. seperti aku yang awalnya sangat tidak suka dengan musik korea karena menurutku percuma mendengarkan apa yang tidak dimengerti akan membuang-buang waktu. setelah diajak teman untuk mendengarkan dan melihat musik videonya, dan waw aku tertarik akan dunia kpop tapi tidak menjadi sosok yang fanatik menyebut bias sebagai suami dan lainnya. menyukai dengan sekedarnya saja.
dari film kita mendapatkan banyak sekali makanan yang khas dari korea yang membuat penasaran juga untuk mencobanya karena bisa dilihat mereka memakan makanan tersebut dengan semangat dan terlihat sangat nikmat. kalo aku pribadi pernah mencoba kimchi dan ya itu tidak sesuai dengan lidah saya. dari film juga kita melihat make up yang natural, fresh, dan menarik, maka dari itu anak muda sekarang sangat tertarik dengan produk kecantikan korea dan juga dipengaruhi oleh boygrup dan girlgrup yang menjadi ambassador produk tersebut untuk menarik pelanggan.
perfilman dan drama dari korea juga memiliki latarbelakang yang beragam mulai dari romantis, based on true story, thriller, fantasi, dan lainya yang memiliki plot twist terduga, hasil produksi yang sangat memuaskan mata, dan juga dengan episode yang singkat sehingga sayang untuk dilewatkan. berbeda dengan sintron Indonesia yaa tak perlu aku sebutkan, teman-teman bisa menilai sendiri.
Para pebisnis dari Korea sangat pandai mengincar pasar Internasional yang membuat kita tertarik akan itu.

1 Like

Korean Wave atau gelombang Korea adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya Korea pada berbagai negara di dunia. Nah, Indonesia termasuk negara yang sedang terkena demam Korea. Hal ini dapat terlihat di layar televisi Indonesia yang sekarang berlomba-lomba untuk menayangkan informasi dan hiburan yang berhubungan dengan Korea. Awal kesukaan anak muda terhadap Korea mungkin dimulai dari beberapa drama Korea yang sering disiarkan di stasiun TV Indonesia sehingga masyarakat Indonesia khususnya anak muda mulai mengenal dan tertarik para artis Korea. Tentu saja mereka mulai mencari informasi tentang aktris dan aktor tersebut, sehingga akhirnya mereka pun juga mengidolakan para penyanyi, boyband dan girlband Korea. Untuk para penggemar Korea, mengenal budaya seperti memakai Hanbok atau pakaian khas Korea, belajar memasak Kimchi dan mempelajari bahasanya juga merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Akibatnya , rasa bangga dan rasa keingintahuan mereka semakin bertambah terhadap budaya Korea.
Demam korea pun melanda para remaja Indonesia, berbagai stasiun televisi Indonesia bersaing untuk menayangkan berbagai macam acara televisi yang ada di Korea, seperti drama korea, film korea dan musik pop korea. Bahkan untuk menarik perhatian konsumen, berbagai start up di Indonesia juga menampilkan KPOP. Hal itu membuktikan betapa besar antusias para remaja Indonesia yang sangat menggemari Korea, bahkan mereka mulai membuat blog dan jejaring sosial yang khusus membahas Korea.

1 Like

Korea menyuguhkan berbagai keunikan dan kekhasannya dari mulai kpop, drama, makanan, make up sampai gaya hidup yang membuat kalangan anak muda bukan hanya di Indonesia namun juga menjamur di berbagai belahan dunia. Trend Korea sangat cepat menyebar di Indonesia dipengaruhi beberapa faktor

  1. Tak dapat dipungkiri, bahwa di era globalisasi ini berbagai informasi dapat cepat tersebar luas karena teknologi saat ini semakin canggih, termasuk tren Korea. Setiap orang dapat menerima dan mengakses kapanpun tentang tren di Korea.
  2. Bagi kebanyakan orang, artis-artis korea memiliki standar kecantikan yang tinggi. Selain itu gaya hidup modern serta canggih membuat anak muda mengikuti trend yang ada di Korea.
  3. Dikarenakan kpop dan drama korea sudah menjadi daya tarik anak-anak muda, sehingga sektor makanan korea dan make up secara tidak langsung ikut menjadi perhatian bagi anak muda.

Hal-hal positif dari Korea yang dapat ditiru oleh anak-anak muda seperti etos kerja yang tinggi, disiplin, giat belajar, dan sebagainya. Perlu anak-anak muda untuk senantiasa bersikap bijak terhadap pengaruh korea yang setidaknya kurang tepat seperti selektif memilih tontonan korea, tidak terpengaruh budaya berpakaian, dan lain-lain.

1 Like

Budaya Korea berkembang pesat dan meluas secara global dalam dua dekade terakhir. Keberadaannya cenderung diterima publik dari berbagai kalangan sehingga menghasilkan suatu fenomena “Korean Wave” atau disebut juga Hallyu. Fenomena ini dapat dijumpai di Indonesia dan dampaknya sangat terasa di kehidupan sehari-hari terutama pada generasi milenial. Perkembangan teknologi informasi yang masif akibat adanya globalisasi menjadi faktor utama penyebab besarnya antusisme publik tehadap Korean Wave di Indonesia. Korean Wave sendiri diawali dan sangat identik dengan dunia hiburan seperti musik, drama, dan variety shows yang dikemas secara apik menyajikan budaya-budaya Korea. Sering berjalannya waktu, budaya Korea banyak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari para pecinta budaya Korea, mulai dari fashion, make up, korean skincare, makanan, gaya bicara, hingga bahasa.

1 Like