Mengapa akar gigi yang tertinggal perlu di operasi?

Banyak hal yang dapat menyebabkan akar gigi masih tertinggal di dalam mulut. Misalnya seperti pencabutan gigi yang tidak sempurna sehingga akar gigi masih tertinggal, gigi patah karena benturan atau trauma tertentu. Ciri akar gigi tertinggal misalnya adalah infeksi, bau mulut, pembengkakkan di gusi, kista dan yang lainnya.
1add

Kadang-kadang terdapat deposit kalsium di dalam kanal gigi yang menyebabkan peralatan root canal tidak mampu menjangkau kanal gigi. Jika hal ini terjadi, maka dokter gigi biasanya akan menyarankan operasi endodontik atau operasi perawatan saluran akar untuk membersihkannya.
Biasanya metode root canal dapat membuat gigi Anda sehat terus-menerus dan tidak perlu lagi melakukan prosedur endodontik. Namun dalam beberapa kasus, gigi yang menjalani root canal tidak dapat benar-benar sehat dan malah bisa terinfeksi. Sakitnya bisa bertahan berbulan-bulan dan bahkan bertahun-tahun. Jika hal ini terjadi, operasi dapat menjadi jalan keluarnya.
Operasi juga mampu menangani permukaan akar gigi yang rusak, serta tulang di sekitarnya.
Meskipun berbagai macam prosedur dapat diterapkan untuk menyelamatkan gigi, apicoectomy atau reseksi ujung akar adalah metode yang paling umum. Jika terjadi peradangan atau infeksi yang membandel di daerah tulang di bawah gigi akibat dari prosedur root canal, dokter gigi biasanya akan melakukan apicoectomy untuk menanganinya.

sumber: https://halogigi.com/