Mana yang kamu pilih: menjadi yang terbaik atau menjadi yang lebih baik?

trophy1

Setiap individu pasti pernah memiliki impian yang besar, namun tak jarang juga kita merasa khawatir dengan impian tersebut. Untuk mewujudkan impian itu, pastinya membutuhkan kerja keras dan pengorbanan yang juga tidak kalah besarnya. Terkadang rasa iri juga timbul pada orang-orang yang tanpa melakukan kerja keras dan perjuangan justru malah bisa mendapatkan segalanya dengan mudah. Memang dalam sebuah persaingan itu ada yang namanya menang dan kalah. Persaingan juga dapat membuat kita semakin memperbaiki diri dan semakin berkembang.

Lantas, untuk memenangkan sebuah persaingan tersebut, mana yang harus kita pilih, menjadi yang terbaik atau menjadi yang lebih baik?

1 Like

Saya memilih menjadi yang lebih baik. Setiap saya mulai introspeksi diri, ternyata begitu banyak hal yang harus saya perbaiki. Dan target saya menjadi manusia yang lebih baik. Lebih baik pada sikap, ibadah dan hal baik lainnya.

Menjadi yang terbaik itu bagus tetapi terkadang membuat kita terlena dan lupa untuk jadi lebih baik. Mudah-mudahan dengan menjadi lebih baik suatu saat kita menjadi yang terbaik. Aamiin

Sebuah kasus dengan topik yang menarik!

Menurut saya, jika pertanyaannya adalah kita harus menjadi yang terbaik atau menjadi yang lebih baik dalam sebuah kompetisi, seperti yang di contohkan dalam cerita, maka saya akan memilih untuk menjadi yang terbaik, agar bisa memenangkan kompetisi tersebut, mengingat bahwa tujuan akhir dari sebuah kompetisi adalah menang dan kalah. Tentu menjadi yang terbaik adalah jalannya, saat kita menjadi yang terbaik, tentu artinya kita telah mampu satu posisi di depan lawan, bahkan menjadi posisi yang utama, yang artinya juga besar kemungkinan saya untuk bisa memenangkan kompetisi tersebut, dan itulah tujuan dari sebuah kompetisi.

Berbeda cerita jika saya memilih untuk menjadi lebih baik dalam sebuah kompetisi, menurut saya, akan ada kemungkinan saya bisa di kalahkan, karena kata ‘lebih baik’ belum menobatkan kita menjadi yang terbaik dalam semua hal, bisa saja kita hanya lebih baik dalam beberapa hal dari lawan, yang tentu masih bisa di kalahkan.

Tetapi jika yang di pertanyakan, ingin menjadi individu seperti apa saya dalam menjalani hidup?, maka saya akan menjawab untuk menjadi individu yang selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik lagi, dari hari sebelumnya. Karena konteks atau hal yang harus di hadapi dalam kehidupan sangat banyak dan beragam, berbeda dengan kompetisi yang hanya berfokus pada satu bidang tertentu saja, maka untuk saya, rasaya sangat sulit bisa menjadi pribadi yang terbaik untuk saat ini, karena apa yang saya miliki juga masih jauh dari kata sempurna untuk menjadi yang ‘terbaik’.

1 Like