Ketika Gigi Berjumlah Lebih Dari Normal

Berbahayakah jika jumlah gigi tumbuh dari jumlah normal?

Jumlah gigi pada orang dewasa adalah 32 buah, yang terdiri dari 16 pada rahang atas dan 16 pada rahang bawah. Jumlah gigi yang melebihi jumlah yang normal terkadang dapat ditemukan pada sebagian orang.Gigi tambahan ini dapat muncul dimanapun dalam rongga mulut dan bisa lebih dari satu, bisa pula terdapat pada satu atau kedua sisi rahang dan bisa juga tumbuh secara sempurna dalam rongga mulut atau hanya ‘terbenam’dalam tulang dan tidak tumbuh.

Penyebab keadaan ini belum dapat dipastikan, namun berdasarkan beberapa teori hal tersebut dikaitkan dengan faktor lingkungan dan keturunan.Tetapi secara umum, jumlah gigi berlebih / supernumerary teeth dikaitkan dengan beberapa penyakit dan sindrom.

Jumlah gigi berlebih / supernumerary teeth yang tidak tumbuh hanya dapat terdeteksi pada saat pemeriksaan x-ray. Gigi ini perlu dicabut apabila berindikasi menimbulkan gangguan, tetapi pada keadaan yang tidak mengganggu gigi ini tidak perlu dicabut namum tetap harus di perhatikan dalam pengawasan dokter gigi.