Kenapa sih Pesawat warnanya putih?

Saat duduk di ruang tunggu bandara sambil menanti waktu boarding pernah nggak kamu memperhatikan wujud pesawat yang akan kamu naiki? Kalau dipikir-pikir, ternyata pesawat memiliki warna dominan putih. Hampir semua maskapai memakai warna ini, meskipun ditambah dengan sedikit motif dan dekorasi warna-warni.

Ternyata pemilihan warna putih ini tidak sembarangan loh.Dari segi ilmiah dan ekonomi, warna putih punya banyak keuntungan untuk pesawat terbang.

Bahkan warna putih juga punya peran penting untuk keselamatan para penumpang.

Salah satu yang saya pikirkan adalah ini karena warna putih cenderung memantulkan cahaya sinar matahari, sehingga panas yang merambat dapat mayoritas dipantulkan kembali, otomatis hal ini juga menjaga agar suhu udara di dalam kabin tetap stabil tidak terkena panas sinar matahari, bayangin kalo warnanya hitam panasnya kaya gimana ya. Haha.

Kalian ada alasan unik lainnyaa?

image

Warna putih itu lebih ekonomis

Untuk mengecat seluruh body pesawat, kita memerlukan lebih dari 65 galon cat. Daripada membuang uang untuk mengecat seluruh body pesawat, perusahaan lebih memilih warna putih yang lebih original. Nggak cuma untuk keamanan, warna putih juga jauh lebih murah, simpel, dan eye catching kan?