Kenapa beberapa orang takut mencoba hal baru?

takut-gagal-jpg

  Ketakutan akan mencoba hal baru pasti dialami oleh banyak orang. Rasa takut gagal merupakan alasan umum mengapa banyak orang takut untuk mencoba hal baru. Hal-hal yang terasa kurang familiar Juga kerap menimbulkan rasa tidak nyaman hingga takut. Itulah kenapa ketika dihadapkan pada hal-hal baru, banyak dari kita yang takut mencoba. Walaupun situasi seperti ini wajar terjadi, bukan berarti kita bisa selalu membiarkannya. Mencoba hal baru akan membuka banyak pintu kesempatan untuk kita.
  Menurut Youdics, apa yang menyebabkan orang takut mencoba hal baru? Apakah Youdics pernah mengalaminya? Bagaimana cara youdics menangani hal tersebut?
1 Like

Takut ditolak
Jangan jadikan ‘ditolak’ sebagai alasan untuk tidak mencoba hal baru. kalau fokus pada kemungkinan penolakan tersebut, bisa-bisa itu bakal jadi sugesti diri dan berpengaruh pada hasil.

Takut gagal
Kegagalan adalah bagian dari proses belajar, memang tidak ada orang yang ingin gagal. Namun, dari kegagalan, kita akan mendapat pelajaran, kegagalan akan mengajarkan hal-hal apa saja yang tidak perlu diulangi dan harus dioptimalkan demi mencapai tujuan.

Tidak ada kepastian
Kita tidak tahu apa yang akan kita hadapi dan hasil yang akan didapatkan. Alhasil, jadi takut mencoba. Padahal, di balik ketidakpastian tersebut, ada banyak kesempatan yang menunggu untuk ditelusuri.

Risiko dihakimi orang lain
Komentar orang lain terhadap hal-hal yang kamu lakukan memang tidak dapat dihindari, membuat takut mencoba karena khawatir dinilai negatif. Kita tidak dapat mengontrol hal tersebut, tetapi kamu bisa mengontrol diri kamu sendiri, biarkan saja mereka berbicara, tidak perlu diladeni, lama kelamaan mereka pasti capek sendiri dan berhenti berkomentar.

Kurang percaya diri
Merasa tidak cukup baik atau insecure dengan kemampuan diri sendiri juga kerap membuat banyak orang takut mencoba hal baru, namun bagaimana jika hasilnya justru sukses? kita tidak akan pernah tahu tanpa mencobanya.

src

BINUS Online Learning

Ya, aku pernah berada di posisi tersebut, dimana aku takut untuk mencoba hal baru. Alasan mengapa takut ya kurang lebih sama dengan yang sudah disebutkan di atas, yaitu karena takut gagal, takut ditolak, dan juga kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Lalu apa yang aku lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Yaitu adalah dengan “berkaca”, aku yakinin kepada diri aku kalo sebenarnya aku tu bisa dan mampu. Menuju kesuksesan itu gak gampang, jadi gapapa dan jangan merasa takut dan malu untuk ditolak dan merasakan kegagalan. Ya, walaupun benar gagal itu menyakitkan dan berat untuk diterima, tapi dari kegagalan pun banyak pembelajaran yang dapat kita ambil, yang diantaranya adalah:

  • Kita bisa belajar untuk ikhlas dan sabar.
  • Kegagalan akan menjadikan kita sosok yang lebih tangguh dari sebelumnya.
  • Ketahanan emosional terbangun.
  • Dapat mengidentifikasi dan sadar dengan suatu hal yang kurang dari diri kita.
  • Memperoleh ilmu baru.
Referensi

5 Pelajaran Baik yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kegagalan!
https://portaflix.com/hikmah-yang-bisa-dipetik-dari-kegagalan/

1 Like

Ketakutan akan mencoba hal baru pasti dialami oleh banyak orang. Rasa takut gagal merupakan alasan umum mengapa banyak orang takut untuk mencoba hal baru. Padahal gagal bukanlah sebuah dosa, dan itu wajar dialami oleh setiap manusia. Jika kalian terus memupuk ketakutan itu, maka kalian akan terus berada di tempat yang sama dan di zona yang sama. Agar kalian lebih berani, coba pahami dan lakukan lima hal ini.

  1. Pahamilah bahwa kegagalan bukanlah sebuah dosa
  2. Sering-sering membaca preview orang sukses tentang proses menuju keberhasilan mereka
  3. Jika penyakit “takut mencoba” muncul, keluar dan carilah udara segar karena bisa jadi itu hanya sebuah godaan sementara
  4. Banyak berkumpul dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama denganmu
  5. Usia muda adalah usia dimana kamu akan melakukan banyak kegagalan

Orang takut mencoba hal baru tuh biasanya alasannya karena takut gagal dan takut gimana kalo ternaya hal tersebut ternyata ga *relate/*sesuai sama passion/minat mereka. Aku salah satunya, aku dulu orang yang takuuut banget buat mencoba hal baru, karna aku tu takut kalo gagal gimana, gimana kalo ternyata yang aku hasilkan tidak sesuai dengan ekspektasiku selama ini dan bentuk gimana gimana yang lain :laughing:. Namun, rasa takut soal kegagalan itu pasti ada dan menurutku wajar. Namun sayangnya, banyak orang (termasuk aku, sih hehehe hehe he ) yang terlalu mengkotak-kotakkan kemampuan dirinya sendiri, sehingga tanpa sadar mereka sedang mengurung dirinya. Nah, untuk menghadapi kasus ini, aku selalu self motivate “kamu tuh ngga akan pernah ngerasa gagal, karna kamu belum mencoba. Gagal tuh wajar, yang ga wajar tuh ketika kamu pengin improve yourself, tapi kamu ga ngelakuin apa apa”
Pinter-pinteran aja memotivasi diri sendiri kalo aku, oiyaa sama selalu perbedoman pada “start with WHY” , mengapa say amelakukan ini, mengapa saya tertarik untuk mencoba hal ini, dst. Karena dari situ, kita cenderung memiliki pedoman/arah yang jelas, sehingga kita bisa memkasimalkan kemampuan kita agar berhasil

Banyak alasan mengapa orang-orang takut untuk memulai hal-hal baru. Kebanyakan alasan yang digunakan oleh orang-orang tersebut adalah ketakutan akan kegagalan setelah mereka mengorbankan banyak waktu untuk hal tersebut. rasa ketidak familiaran seseorang akan suasana dan kondisi yang baru tersebut menyebabkan kekhwatiran atau pikiran pesimis yang akan muncul di benak mereka. Banyak orang juga takut keluar dari zona nyaman, padahal dengan hal yang lebih menantang akan melatih mental mereka untuk terbiasa dengan hal-hal yang challenging. Kepribadian akan problem-solving juga dilatih pada saat terjunke hal-hal yang baru. Resiko sebenarnya terletak di berbagai pilihan. Apakah tetap stay pada posisi aman maupun posisi yang berlawanannya memiliki resikonya masing-masing. Akan tetapi ketidak familiaran terhadap sesuatu yang baru itulah yang akan meruntuhkan keberanian sebelum mencobanya. Hal seperti ini haruslah diatasi karenak banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh saat seseorang mau terus melangkah meskipun mereka tidak familiar. Banyak cara untuk melatih agar berkeinginan untuk mencoba hal-hal baru. Dapat ditanamkan di otak bahwa mencoba hal-hal baru dapat membantu untuk bertemu orang-orang baru demi membangun relasi, mendapatkan pengalaman dan pembelajaran, serta melatih diri sendiri untuk memecahakan masalah.

Pastinya pernah. Menurut aku ada banyak faktor yang menyebabkan orang takut untuk mencoba hal baru. Tapi menurut aku yang paling nyata adalah mereka terbelenggu di comfort zone-nya. Mereka sudah nyaman dengan apa yang mereka lakukan saat ini. Mencoba dan mempelajari hal-hal baru membutuhkan waktu dan upaya yang lebih lagi dibandingkan dengan apa yang sudah kita jalani. Tidak semua orang siap akan hal tersebut. Faktor lainnya yang mungkin menjadi alasan seseorang takut untuk mencoba hal baru adalah terlalu malas, takut gagal, kurang persiapan, atau memiliki masalah yang bisa membuat belajar hal baru tersebut menjadi sulit. Cara aku menangani ketakutan tersebut adalah dengan percaya sepenuhnya pada diri sendiri. Terus tanamin kata-kata positif ke diri kita supaya kita yakin kalau kita bisa jalanin hal baru tersebut. Bayangin aja betapa banyak kebaikan dan peluang baru yang akan datang ke hidup kita saat kita berani untuk melangkah lebih maju untuk mencoba hal-hal baru.

Perasaan takut ketika ingin mencoba hal baru itu pada umumnya dirasakan oleh setiap orang. Ini terjadi karena hal tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya sehingga muncul pemikiran-pemikiran seperti “aku mampu ga ya?”, “mereka mau ga ya berteman denganku?”, atau “kalo aku gabisa jawab gimana ya?”. Hal-hal tersebut wajar terjadi, namun pemikiran-pemikiran seperti itulah yang tidak jarang menghambat seseorang untuk maju, atau bahkan karena mereka terlalu lama berada di comfort zone. Termasuk aku pribadi pernah mengalami hal itu. Namun, aku sadar bahwa jika aku terus berada dalam comfort zone dan tidak berani untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah aku coba, maka akan sulit untuk mengembangkan diri dan mengevaluasinnya. Sehingga, kita harus berani memaksa diri kita untuk keluar dari comfort zone tersebut meskipun mungkin pada awalnya sulit untuk dilakukan, tetapi kita harus yakin bahwa dapat melewatinya.

Tidak hanya pemikiran-pemikiran itu saja yang membuat orang menjadi takut untuk mencoba hal baru, namun juga dapat dikarenakan kebiasaan kita yang seringkali membanding-bandingkan diri dengan orang lain sehingga munculah perasaan insecure. Perasaan itulah yang membuat kita menjadi tidak percaya diri karena merasa ada orang lain yang lebih bisa dibandingkan dengan kita, oleh sebab itulah muncul rasa takut untuk mencoba hal baru tersebut. Dan sepertinya fenomena ini dirasakan oleh banyak orang, karena melihat media sosial contohnya seperti TikTok yang seringkali menunjukan berbagai pencapaian yang mereka raih.

Berikut beberapa tips dalam menghadapi perasaan takut gagal untuk mencoba hal baru:

  1. Pahamilah kegagalan sebagai pengalaman belajar
  2. Evaluasi ulang pendekatan anda
  3. Jalani setiap langkah secara perlahan
  4. Bersikaplah ramah terhadap diri sendiri
  5. Catat semua strategi yang berhasil, yang tidak, dan mengapa. Kemudian, rencanakan tindakan di masa depan berdasarkan apa yang sudah dipelajari dari masa lalu.
Sumber

Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal (dengan Gambar) - wikiHow

Kamu takut untuk mencoba hal baru karena takut gagal, maka pahamilah bahwa gagal bukanlah dosa. Kamu merasa sangat bersalah karena gagal. Biasanya kamu akan merasa bahwa ketika kamu gagal, kamu akan mengecewakan banyak orang termasuk dirimu sendiri. Tapi apakah itu sebuah dosa?

Yang merasakan gagal adalah kamu, orang lain tidak berhak mengatur kamu. Kamu berhak menentukan jalan hidupmu. Jangan takut gagal hanya karena pandangan orang lain. Yakinkan diri bahwa ini adalah kegagalan yang wajar, yang pasti pernah dialami oleh semua orang.

Beberapa orang takut mencoba hal baru karena mereka takut mengalami kegagalan, dari semua aspek. Tidak semua orang dapat menerima kegagalan karena mereka mungkin memiliki sifat perfeksionis, Orang yang mempunyai sifat perfeksionis biasanya berharap bahwa segala sesuatunya berjalan dengan sempurna baik dari orang lain maupun diri sendiri. Hal ini dikarenakan mereka cenderung memiliki standar yang cukup tinggi terhadap hasil dari sebuah pekerjaan.
Sifat perfeksionis sebenarnya sering ditemui pada pekerja keras. Akan tetapi, perilaku seperti ini bisa beracun jika kita merasa stres dan cemas ketika hasil yang diharapkan tidak seperti yang dibayangkan. Oleh karena itu, perfeksionisme sangat takut merasa gagal, sehingga ketika melakukan suatu pekerjaan mungkin lebih sering berada di zona nyamannya untuk merasa sempurna.