Kenapa ada lapisan putih pada bagian mulut anak?

Kesehatan mulut merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dari keseluruhan kesehatan tubuh kita. Dari sini maka menjaga kesehatan mulut juga tak kalah pentingnya seperti menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya. Kesehatan mulut menjadi semakin penting bagi anak-anak kecil. Hal ini dikarenakan pada usia anak-anak, bagian mulut sangat rentan tidak sehat karena perawatan yang tidak maksimal dan seringnya mengkonsumsi permen dan cokelat. Kurangnya pemahaman anak terhadap perawatan mulut dan gigi semakin menambah tingginya tingkat kerentanan kesehatan tubuh bagian atas tersebut. lalu kenapa ada lapisan putih pada bagian mulut anak?

Pada anak-anak beragam masalah gigi dan mulut memang bisa muncul. Salah satu masalah tersebut adalah adanya lapisan putih halus berbentuk selaput di bagian dalam mulut anak. Lapisan yang mirip susu ini merupakan sebuah penyakit yang harus segera diatasi dan dihilangkan.

Lapisan selaput putih ini sebenarnya merupakan jamur candida albicans berjenis candidiasis yang tumbuh di dalam area mulut. Jamur tersebut umumnya akan tumbuh dan berkembang ketika anak sedang kekurangan asupan gizi, daya tahan menurun, sakit serta ketika anak kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut.