Kenali Risiko Penyakit Gigi dan Gusi pada Ibu Hamil

Ketika sakit gigi menyerang, ibu hamil harus jeli dalam memilih obat sakit gigi yang akan dikonsumsi agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk janin dalam kandungan. Bila perlu konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan bila memang sakit gigi yang diderita tak kunjung mereda.

Salah satu yang harus dipastikan oleh ibu hamil adalah kondisi kesehatan rongga mulut terutama gusi. Dengan meningkatnya hormon progesterone menyebabkan gusi menjadi lebih mudah berdarah, bengkak dan menjadi merah sebagai respons dari penumpukan plak dari kebersihan mulut yang kurang baik. Pastikan kondisi anggota tubuh bebas dari infeksi gigi dan gusi.

Penyakit gigi dan gusi pada ibu hamil meningkatkan kelahiran bayi prematur dan berat badan lahir rendah sebesar 2,8 kali. Padahal, mulut sebagai gerbang awal masuknya sejumlah penyakit, jika tidak dirawat dengan baik maka dapat berakibat pada terganggunya proses asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Kecukupan nutrisi pun sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi. Jika ibu hamil mengalami gangguan pada gigi dan gusi, ibu tidak dapat mengunyah makanan dengan baik.

sumber: http://www.beritasatu.com/kesra/306595-kenali-risiko-penyakit-gigi-dan-gusi-pada-ibu-hamil.html