Kebiasan buruk yang merusak gigi

image

Anda suka mengunyah es batu? Atau Anda sering berolahraga tanpa pelindung mulut? Sudah saatnya untuk lebih hati-hati pada kerusakan gigi Anda. Pasalnya, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang harus segera dihentikan !

  1. Mengunyah EsKebiasaan ini mungkin Anda anggap tidak berbahaya. Tapi mengunyah es berisiko membuat gigi retak. Pecahan es juga bisa mengiritasi gusi Anda. Jadi kalau Anda muncul keinginan untuk mengunyah es, alihkan keinginan tersebut dan dapat digantikan dengan permen karet bebas gula.

  2. Berolahraga Tanpa Pelindung MulutBertanding olahraga memang seru. Tapi kalau Anda bermain tanpa pelindung mulut ada kemungkinan gigi Anda berisiko rusak akibat terkena pukulan atau benda keras. Beberapa cabang olah raga memiliki resiko cedera pada wajah termasuk mulut, dimana telah ditemukan pada beberapa keadaan terjadinya gigi depan yang patah karena cedera pada saat olah raga.

  3. Mengisap DotKalau Anda sering memberi bayi susu botol, kelak kebiasaan ini bisa berdampak pada kelainan dan kerusakan gigi. Untuk mencegahnya, hindari bayi Anda tertidur dengan gigi masih menggigit dot supaya gula dalam susu tidak menempel di gigi.

  4. Menggeretakkan gigiKebiasaan ini umum disebut bruxism dan bisa merusak gigi. Penyebabnya dipicu oleh stress dan biasanya terjadi ketika tidur tanpa disadari oleh penderita. Biasanya dokter gigi akan memberikan pelindung gigi berupa mouth guard yang dapat digunakan saat tidur untuk melindungi gigi Anda dari kerusakan yang lebih lanjut.