Kapan waktu yang tepat untuk kontrol perawatan saraf gigi?

Perawatan saraf gigi harus dilakukan pada waktu yang tepat, lalu kapan waktu yang tepat tersebut untuk melakukan kontrol saraf gigi?

Perawatan saluran akar (PSA) merupakan suatu tindakan perawatan untuk memperbaiki gigi yang rusak parah atau terkena infeksi supaya gigi tetap bisa dipertahankan dan tidak dicabut. Setelah dilakukan PSA, memang sangat mugkin terjadi rasa nyeri dan tidak nyaman karena gigi menjadi lebih sensitif. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari dan biasanya dokter sudah memberikan obat-obatan untuk membantu mengurangi keluhan.

PSA tidak hanya dilakukan 1x saja tetapi dalam beberapa kali kunjungan, oleh sebab itu dibutuhkan kedisiplinan dari pasien untuk melakukan kontrol sesuai jadwal. Pada saat pertama kali datang dokter akan melakukan pemeriksaan bila perlu dilakukan rontgen panoramik. Selanjutnya dokter akan membersihkan gigi, membuaka bagian atas gigi, dan membersihkan ruang pulpa di dalam gigi serta jaringan sekitarnya yang mengalami infeksi. Setelah tindakan pembersihan, langkah selanjutnya adalah melakukan tambalan sementara. Biasanya setelah ditambal sementara pasien akan diminta untuk kontrol kembali, bisa 1 minggu lagi.

Pada saat kontrol dokter gigi akan menilai dan mengevaluasi kondisi gigi. Apabila masih terdapat infeksi, maka dokter akan memberikan pengobatan tambahan dan meminta pasien untuk kontrol kembali. Namun jika gigi sudah membaik dan layak ditambal, maka selanjutnya dokter akan melakukan penambalan gigi, atau bisa juga dilakukan pemasangan crown gigi.

Untuk kapas, sebaiknya Anda mengganti kapas setiap hari secara rutin seperti anjuran dokter gigi. Untuk tambalan selajutnya, tentunya akan disesuaikan dengan kondisi gigi Anda, jika masih ada infeksi kemungkinan akan diberikan tambalan sementara lagi, tapi jika infeksi sudah teratasi maka akan dilakukan tambalan permanen. Akan lebih baik jika Anda mengikuti jadwal yang sudah diberikan dokter gigi. Apabila terdapat kendala, saya sarankan untuk kontrol ke dokter gigi lebih cepat dari jadwal dibandingkan ditunda terlalu lama. Anda juga bisa menghubungi prakter dokter gigi atau klinik tersebut via telepon dulu untuk mengkonfirmasi jadwal kontrol ya.