Kapan waktu yang tepat seseorang menggunakan behel?

Memiliki gigi yang tidak rapi disertai susunan rahang yang tidak normal, selain menurunkan rasa percaya diri, hal ini juga bisa mengganggu proses mengunyah makanan. Dengan kondisi ini, sebagian besar orang akan mengatasinya dengan menggunakan behel atau kawat gigi. Lantas, kapan waktu yang tepat seseorang menggunakan behel?

Pemasangan kawat gigi biasanya dilakukan setelah kebanyakan dari gigi permanen sudah tumbuh, yaitu sekitar usia 12 tahun. Namun, masalah gigi yang tidak rapi atau rahang yang tidak sejajar sudah mulai muncul ketika gigi permanen mulai tumbuh, yaitu sekitar usia 7 tahun, sehingga sebaiknya temui dokter gigi terutama spesialis ortodonti untuk merencanakan penanganan sejak awal.

Selain itu, seseorang yang menggunakan behel di usia dewasa, dibutuhkan waktu yang lebih lama dibanding memasang kawat gigi di usia anak-anak. Menemui dokter gigi di usia dini, tidak berarti anak perlu memasang behel saat itu juga.

Durasi penggunaan behel pada anak-anak berbeda-beda. Tergantung bagaimana mereka beradaptasi dengan kawat gigi yang dikenakan dan tingkat pertumbuhannya. Anak-anak biasanya akan diminta mengenakan behel sekitar 1,5 tahun hingga 3 tahun. Setelah itu akan dianjurkan untuk mengenakan retainer untuk menjaga kondisi gigi agar tetap rata.

Sementara itu, untuk pengguna behel dewasa, kemungkinan diperlukan lebih banyak perlengkapan kawat gigi. Biasanya, prosesnya akan memakan waktu lebih lama karena tulang sudah berhenti berkembang.

Sumber: http://doktersehat.com/kapan-waktu-terbaik-menggunakan-behel-gigi/