Kapan sebaiknya anak diajak ke dokter gigi?

kapan sebaiknya anak diajak ke dokter gigi?

Sejak kecil, orang tua harus mengajarkan kebiasaan merawat gigi dan mulut pada anak. Perawatan gigi dan mulut, selain rajin menyikat gigi juga melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi. Anak sebaiknya mulai memeriksakan gigi ke dokter sejak gigi pertama muncul.

Menurut dokter gigi Felicia Melati, sejak gigi pertama anak muncul, orang tua bisa memeriksakan gigi anak ke dokter. “Atau setidaknya ketika anak berulang tahun kesatu, ia sudah pernah ke dokter gigi,” ujarnya dalam seminar media di Jakarta.

Tujuannya, mengedukasi orang tua akan kesehatan gigi anak dan mencegah kerusakan gigi sejak dini. “Selain itu, agar anak terbiasa dan tidak takut mengunjungi dokter gigi,” kata Felicia.

Supaya semakin terbiasa, orang tua menurut Felicia bisa mulai mengajak anak ketika akan berkunjung ke dokter gigi. Kuncinya, ungkap Felicia adalah jangan pernah menakut-nakuti anak. “Usahakan tidak menggunakan kata negatif ketika berkunjung ke dokter gigi, misalnya ‘mau dicabut ya Dok, sakit ya Dok.’ Karena secara tidak langsung, akan timbul rasa takut pada anak,” kata Felicia.