Jakarta dan 112 Kota di Utara Jawa Diprediksi Tenggelam pada 2030

Prediksi wilayah DKI Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan, yang disampaikan lebih kuat oleh banyak pihak. Rasionalitas pemanasan global ini tidak bisa dihindari dan memiliki efek besar. Selain LIPI, LAPAN, NASA bahkan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, baru-baru ini mengatakan hal itu. Bukan hanya Jakarta, kota-kota lain seperti Semarang, Demak, dan Pekalongan serta beberapa kota lainnya bisa mengalami nasib yang sama.

Kepala Teknologi Lingkungan Universitas Airlangga, Dr. Eko Prasetyo Kuncoro, ST., DEA., mengatakan bahwa fenomena pemanasan global inilah yang menyebabkan para ahli, ilmuwan dan akademisi memprediksi bahwa DKI Jakarta dan 112 kota di utara Jawa akan menurun pada tahun 2030. Dia mengatakan alasan pemanasan global tidak dapat dihindari dan memiliki banyak efek. “Salah satu dampak yang dirasakan masyarakat global terkait pemanasan global adalah perubahan iklim yang menyebabkan suhu air laut naik sehingga menyebabkan naiknya permukaan air laut secara relatif dan dalam jumlah yang besar.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, mencairnya gletser di kutub juga menjadi salah satu penyebab naiknya suhu air laut sehingga naik ke permukaan laut, tidak hanya itu, karena kenaikan muka air laut tetapi juga karena faktor lain yaitu penggunaan air tanah yang menyebabkan bumi tenggelam.

Referensi
CNBC Indonesia. (2021). Sisa Waktu Tak Banyak, Ancaman DKI Tenggelam di Depan Mata!. Sisa Waktu Tak Banyak, Ancaman DKI Tenggelam di Depan Mata!
Detik.com. (2021). Seperti Ini Proyeksi Jakarta Tenggelam Tahun 2030. Seperti Ini Proyeksi Jakarta Tenggelam Tahun 2030