Ini Dia Jenis-jenis Gigi Palsu yang Perlu Kamu Ketahui

Gigi palsu biasanya digunakan untuk menggantikan gigi yang rusak. Fungsi gigi palsu digunakan untuk mengunyah makanan dan untuk estetika wajah. Biasanya gigi palsu dibuat mirip seperti aslinya baik warna maupun bentuknya. Hal tersebut dilakukan agar orang tidak tahu bahwa gigi yang dipakai adalah gigi palsu.

  • Gigi Palsu Lepasan : Jenis gigi palsu ini diperuntukan untuk menggantikan sebagian atau semua gigi yang tanggal. Gigi palsu jenis ini didesain sedemikian rupa agar pemakai bisa dengan mudah melepaskan dan memasangnya tanpa bantuan dokter atau ahli gigi. Pemakai bisa leluasa melepaskan gigi kapan saja untuk membersihkan kotoran pada gigi. Pembuatannya pun relatif sederhana dan tidak memakan waktu yang lama dan harganya pun relatif terjangkau.
  • Gigi Palsu Jaket (mahkota) : Jenis gigi palsu satu ini dibuat untuk menyelimuti gigi asli yang sudah rusak tetapi akar dan syarafnya masih berfungsi dengan baik.
  • Gigi Palsu Permanen dengan Sistem Implan : Sebenarnya ini adalah teknik terbaru dari pemasangan gigi palsu permanen yang ada saat ini. Pemasangan gigi palsu satu ini dilakukan dengan cara menanam gigi palsu ke dalam gusi. Perlu diingat sebelum memasang jenis gigi palsu ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Misalnya saja tidak ada kelainan sistemik pada gusi pasien, bentuk rahang atas dan bawah memiliki lengkung yang sempurna, ketebalan tulang yang memadai dan lain sebagainya. Biasanya dokter akan memeriksa kondisi gusi dan rahang terlebih dahulu secara intensif.

http://dentaluniverseindonesia.com/2017/10/ini-dia-jenis-jenis-gigi-palsu-yang-perlu-kamu-ketahui/