Hidup Hemat atau Hidup Pelit?

Hidup hemat belakangan ini mulai banyak dilakukan oleh setiap dari kita mengingat kita juga berhadapan langsung dengan Covid-19. Hal ini biasanya dilakukan mungkin agar kita mampu mencapai finansial yang diinginkan. Tapi terkadang ada diantara kita yang beranggapan bahwa ini menjadi konsep hidup pelit.

Hidup pelit adalah ketika kamu selalu mencari harga termurah terlepas dari nilai yang didapatkan. Fokusmu di sini adalah bagaimana caranya membelanjakan uangmu seminim mungkin tanpa melihat kualitas dan pertimbangan nilai lainnya.

Coba kamu tanyakan pada dirimu Youdics, apakah kamu termasuk tipe orang yang ketika melihat suatu harga (walaupun sedang diskon), merasa barangnya tetap mahal dan terus mencari harga yang lebih murah di tempat lain?

Kalau iya, sebenarnya kamu tidak sedang hidup hemat, tapi hidup pelit (?)
Yuk coba berikan pendapatmu Youdics! :relaxed:

Hemat dan Pelit, masih banyak orang yang salah mengartikannya dikarenakan memang perbedaannya yang tidak terlalu terlihat dan sangat tipis sekali.

Menurut saya, konsep hidup hemat adalah ketika kita tahu apa yang kita butuhkan dan kita mendapatkan harga tersebut sesuai dengan worth yang diberikan barang tersebut. Misal, saya ingin membeli sebuah sepatu karena sepatu saya yang lama sudah tidak layak pakai. Ketika saya ingin membeli sepatu tersebut, ternyata ada sebuah brand sepatu ternama yang digaungkan sebagai kesukaan dan pilihan semua orang. Secara materi, saya memiliki cukup uang untuk membeli brand yang dapat dikatakan mahal tersebut, tapi jika saya bisa mendapatkan sepatu yang sejenis dengan kualitas yang sama tetapi harga yang jauh lebih murah, kenapa saya harus memilih brand mahal tersebut?

Dan untuk konsep hidup pelit yang saya pahami adalah ketika saya tahu saya membutuhkan suatu hal ataupun barang, tetapi bukannya membeli barang tersebut, saya malah meminta atau mengharapkan orang lain untuk membelikannya kepada saya padahal saya memiliki cukup uang. Dan lagi, bahkan ketika membeli barang tersebut pun, yang saya lihat hanya harga, harga, dan harga. Tidak secara kualitas. Tidak masalah cepat rusak dan kualitas yang pas-pasan. Yang penting punya dan kebutuhan terpenuhi.

Jadi, konsep hidup hemat dan pelit menurut saya adalah tentang dimana saya tahu prioritas yang harus saya tetapkan, dan saya juga mengetahui dengan jelas kualitas dan worth yang diberikan oleh barang tersebut.

1 Like