Haruskah melarang anak menyantap makanan manis?

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata.
mans

Sering kali anak yang rewel diberikan permen atau coklat. Orang tua menganggap permen atau coklat dapat membuat rewelnya berlalu. Anak-anak memang sangat senang sekali dengan makanan manis salah satunya adalah permen. Permen atau sejenis gula-gula yang mengandung kalori tinggi, umumnya bahan dasar permen yaitu gula, air dan sirup fruktosa. Kandungan yang terdapat di dalam permen dapat menimbulkan beberapa kondisi buruk pada kesehatan anak, sebenarnya tidak saja permen, coklat akan tetapi makanan manis lainnya sebaiknya anda batasi pada anak anak.

Beberapa alasan untuk membatasi makanan manis seperti permen, coklat atau kue dengan pemanis buatan dikarenakan anak yang sering kali mengkonsumsi makanan tersebut memiliki perasaan kenyang sehingga menghambat makanan bergizi untuk pertumbuhannya. Bahkan penelitian menemukan kandungan gula yang terlalu banyak dikonsumsi oleh anak-anak akan meningkatkan resiko kepadatan tulang yang buruk, obesitas atau diabetes tipe 2. Selain itu kondisi yang sering kali dialami anak-anak adalah gigi berlubang sehingga menyebabkan anak-anak mengalami sakit gigi dan kurang nafsu makan.

sumber: https://bidanku.com/batasi-makanan-manis-pada-anak