Hal yang harus dihindari oleh pengguna tindik bibir!

Agar tindik di bibir dapat pulih dengan baik, Anda harus memberikan perawatan, menjaganya tetap kering dan bersih, tidak menyentuhnya, serta menghindari makanan dan aktivitas tertentu.

  1. Hindari makan, minum, dan merokok selama 3 jam pertama. Berusahalah untuk tidak menggerakkan tindikan selama mungkin, terutama dalam pada 3 jam pertama. Hindarilah berbicara sebisa mungkin. Hingga luka tindik pulih sepenuhnya, Anda juga sebaiknya menghindari:
  • Alkohol, tembakau, kafeina, dan obat-obatan
  • Makanan lengket, termasuk juga oatmeal
  • Makanan keras, permen, dan permen karet
  • Makanan pedas
  • Mengunyah benda yang tidak bisa dimakan seperti jari, pensil, dan pulpen
  1. Hindari menyentuh luka tindik. Anda hanya boleh menyentuhnya di saat membersihkan. Menyentuh luka tindik terlalu sering dapat menyebabkan infeksi, bengkak, nyeri, dan memperlambat pemulihan. Jangan mainkan perhiasan tindik, atau membiarkan orang lain menyentuhnya. Selain itu, hindarilah sentuhan dan kontak dengan luka tindik sebisa mungkin

  2. Jauhi air. Termasuk juga air berklorinasi seperti kolam renang atau bak mandi air panas, juga air segar, mandi dan berendam terlalu lama, serta sauna dan kamar uap. Jagalah agar luka tindik tetap kering, atau masa pemulihannya akan lebih lama dan bahkan mungkin tidak dapat pulih dengan baik.

  3. Hindari benda yang yang dapat memperparah luka tindik. Jangan bersihkan luka tindik dengan alkohol medis, sabun yang mengandung pewangi, hidrogen peroksida, salep antibakteri, maupun gel atau krim berbasis petroleum.[12] Produk seperti ini dapat menyebabkan iritasi, kerusakan sel, kulit kering, atau penyumbatan pori.

  4. Jangan ganti perhiasan hingga luka tindik di bibir Anda sembuh. Mengganti perhiasan tidak hanya akan merusak kulit yang baru saja pulih, tetapi juga bisa menyebabkan lubang tindik segera menutup.

  5. Biasakan menjaga kebersihan mulut. Setelah luka tindik sembuh, Anda tidak harus terus berkumur dan merendamnya beberapa kali sehari. Namun, Anda sebaiknya membersihkan lubang tindik dan perhiasannya saat mandi dengan sabun lembut setiap beberapa hari sekali. Selain itu, sikat dan bersihkan sela gigi secara teratur.