Hal apa saja yang dapat membantu memperbaiki kehidupan sosial masyarakat?

kehidupan sosial masyarakat

Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial, dimana bersosial adalah kebutuhan dasar manusia itu sendiri. Tetapi kehidupan sosial masyarakat tidak selamanya mendukung untuk menjadi pribadi yang baik. Menurut anda, apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki kehidupan sosial masyarakat kita ?

Caranya adalah dengan menumbuhkan jiwa sosial di dalam diri masing-masing. Misalnya dengan mengajarkan sejak diri kepada anak sebagai penerus generasi bangsa.

Sosialisasi

Keluarga merupakan sosialisasi primer bagi anak. Bagaimana kepribadian anak terbentuk, tergantung dari pendidikan orang tua. Orang tua yang utuh dan sempurna merupakan modal dasar yang baik bagi terciptanya kepribadian yang baik. Dalam artikel sebelumnya telah dibagikan tentang peranan ayah dalam pengasuhan anak. Dalam tahap ini adalah menyadarkan kepada anak bahwa keberadaannya sangat berarti bagi keluarga. Selalu luangkan waktu untuk bermain dan belajar bersama buah hari tercinta. Berikutnya perkenalkan anak pada anak-anak seusianya dlingkungan anda. Jangan cemas berlebihan ketika anak bermain dengan teman sebayanya. Ajari anak untuk bermain dengan siapa saja, serta ajari anak untuk positif thingking terhadap teman dengan tidak memilih-milih teman.

Berbagi

Setelah anak mau bermain dengan siapapun maka ajari anak untuk mau berbagi. Baik itu mainan atau makanan. Sebelum dengan orang lain, anda sebagai orang tua harus menjadi contoh utama. Ketika makan atau main aak anak untuk berbagi. Misalnya ketika anda makan roti maka beri ia setengahnya. Begitu juga ketika ia makan maka mintalah miliknya. Dengan latihan seperti ini maka anak akan mudah untuk berbagi dan tidak menjadi pribadi yang egois. Anak akan paham bahwa bersama-sama akan lebih menyenangkan.

Katakan tolong dan terimakasih

Banyak orang yang engan mengatakan tolong ketika meminta bantuan dan mengucapkan terimakasih setelahnya. Hal ini merupakan hal yang sepele namun sangat berarti bagi perkembangan anak. Dua kata ini menunjukkan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat perlu ada penghormatan (kata tolong) dan pengarhagaan (terimakasih). Maka dari itu ketika meminta bantuan anak hendaknya mengucapkan tolong dan juga terimakasih. Misalnya: sayang, tolong ambilkan bunda sapu. Dan terimakasih setelah semua terlaksanakan. Mudahkan.

Peduli

Peduli merupakan sikap yang harus dimiliki anak. Tidak perlu muluk-muluk, ajari mulai dari rumah. Misalnya tentang sampah. Ajari anak untuk membuang sampah ke tempat sampah. Ini merupakan kepedulian terhadap lingkungan. Ini hal kecil tapi dampaknya begitu besar terhadap gaya hidup dalam masyarakat luas.

Sedekah

Sedekah merupakan praktik dalam pengembangan spiritual dan juga sosial. Ketika memberi uang di kotak amal maka jelaskan pada anak bahwa itu namanya sedekah. Ini penjelasan paling sederhana, selanjutnya ketika anak sudah paham maka pengetahuan tentang sedekah dalam bentuk yang lain bisa dilakukan.
Kepribadian yang baik akan terbentuk dari proses pendidikan yang baik pula. Kasih sayang dan waktu yang dihabiskan bersama juga sangat berperan dalam pembentukan kepribadian. Salam cinta untuk keluarga anda.