Gejala dan masalah gigi apa saja yang butuh penanganan dokter gigi?

gejala dan masalah gigi apa saja yang butuh penanganan dokter gigi?

Anda dapat mulai menemui atau berkonsultasi ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Terutama ketika terjadi masalah pada gigi, gusi dan mulut Anda, berikut gejala-gejala yang memerlukan penanganan dokter gigi:

  • Rasa nyeri di gigi. Sakit gigi biasanya merupakan sebuah tanda terjadinya gigi berlubang atau infeksi, dan terjadi pembengkakan. Apabila rasa sakit dibarengi peradangan dan demam, atau apabila nanah dan cairan muncul dari daerah gigi yang sakit, sangat penting bagi pasien untuk segera memperoleh pengobatan.

  • Radang gusi. Radang gusi bisa jadi menandakan terjadinya infeksi, pembengkakan gigi, atau pembengkakan gusi. Hal ini perlu penanganan lebih insentif dari dokter gigi.

  • Nyeri di rahang. Apabila terjadi rasa nyeri di rahang, spesialis di bidang mulut dan maxillofacial akan memeriksa rahang untuk melihat tanda-tanda penurunan fungsi (degenerasi) atau pembengkakan. Nyeri di rahang biasanya diobati dengan pelindung gigi yang digabungkan dengan obat-obatan anti-bengkak.

  • Gigi sensitif terhadap suhu dingin dan panas. Apabila Anda sulit makan karena gigi Anda tiba-tiba menjadi sensitif terhadap suhu yang panas atau dingin seperti misalnya air es atau air panas, segeralah berobat ke dokter gigi.

  • Mulut kering. Apabila dibiarkan tanpa perawatan, beberapa gejala mulut kering dapat memengaruhi kesehatan mulut seseorang secara umum. Mulut yang kering dapat menjadi pertanda terjadinya infeksi bakteri atau penyakit mulut.

Tak hanya ke dokter gigi, beberapa permasalahan gigi memerlukan perhatian yang mendesak seperti ke Instalasi Gawat Darurat, termasuk cedera traumatis yang mengakibatkan kehilangan gigi, gigi teriris atau pecah, penurunan fungsi saraf atau gigi tidak berada di posisi yang tepat atau sejajar, luka atau goresan di pipi, gusi, dan lidah. Anda juga disarankan untuk mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk pemeliharaan gigi yang layak meskipun Anda tidak merasakan gangguan apa pun.