Dimensi- dimensi warna

3

Warna didefinisikan secara objektif/ fisik sebagai cahaya yang di pancarkan,atau secara subjektif/ psikologis didefinisikan sebagai bagian dari pengalaman indera penglihatan. Warna terdiri dari beberapa dimensi, apa saja dimensi tersebut?


Sumber gambar: pinterest.com

Menurut Munsell, warna memiliki 3 dimensi, diantaranya adalah:

  1. Dimensi Hue (Rona warna atau corak warna)
    Merupakan karakteristik atau ciri khas yang digunakan untuk membedakan antara warna satu dengan lainnya. Misalnya, warna merah, kuning, hijau, biru, dan lain lain.

  2. Dimensi Value
    Nilai warna diambil dari bahasa Inggris, value, yaitu tingkatan atau urutan kecerahan suatu warna. Nilai tersebut akan membedakan kualitas tingkat kecerahan warna, misalnya ia akan membedakan warna merah murni dengan warna merah tua (gelap) atau dengan warna merah muda (terang). Tingkatan nilai yang biasa digunakan adalah sembilan tingkat mulai dari tingkatan tercerah, yaitu putih, melalui deretan abu-abu, sampai pada tingkatan tergelap, yaitu hitam (Darmaprawira, 2002 : 58).

  3. Dimensi Chroma
    Dimensi ketiga adalah intensitas, yaitu suatu hal yang menyatakan kekuatan atau kelemahan warna, daya pancar warna dan kemurnian warna. Dengan kata lain, intensitas adalah kualitas warna yang menyebabkan warna itu berbicara, berteriak, atau berbisik dalam nada yang lembut. (Darmaprawira, 2002: 61).