Dimana rekomendasi padang sabana terindah di Indonesia?

sabana di Indonesia
Padang savana di Indonesia sangat banyak, namun dimana sajakah padang sabana yang menarik untuk dikunjungi ?

  1. Savana Baluran – Jawa Timur
    Kawasan Taman Nasional Baluran terletak di Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur. Batas wilayah sebelah utara adalah Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, dan sebelah barat Sungai Klokoran. Di Taman Nasional ini terdapat berbagai macam tanaman, seperti bakau, hutan rawa, dan padang rumput yang luas tenting. Selain itu di Taman Nasional ini kita bisa melihat berbagai hewan liar seperti Kerbau, Kijang, Banteng, dan Macan tutu yang hidup bebas di alam liar Baluran.

  2. Savana Simbalun – Gunung Rinjani
    Simbalun adalah jalur pendakian Gunung Rinjani di sisi Timur, di jalur pendakian ini kalian akan di sambut oleh padang savanna yang membentang sepanjang 6km. Savana ini terbentang mulai basecamp Sembalun hingga Pos 3 di ketinggian 2.631 mdpl. Pemandangannya sangat menakjubkan, apalagi ketika cuaca cerah. Savana Simbalun inilah yang menjadi daya Tarik dari Gunung Rinjani. Hamparan savana seakan tak ada habisnya. Tanpa pohon, tanpa tempat berteduh. Namun, berada di savana ini akan membawa Anda ke alam lain. Karena padang savananya pula, Rinjani memegang predikat gunung paling cantik di Indonesia. Tak heran gunung ini menjadi tujuan wajib para pecinta alam.

  3. Savana Cikasur – Gunung Argopuro
    Walaupun masih kalah pamor dengan gunung-gunung lain di Indonesia, Gunung Argopuro punya banyak keunikan lain, termasuk padang savana yang tersebar di beberapa tempat. Padang savana yang menghampar luas di sisini seakan2 tak ada habisnya. Pada musim hujan, ilalangnya menimbulkan gradasi hijau tua dan hijau muda yang sangat cantik dipandang mata. Kumpulan ilalang itu lalu menguning ketika musim kemarau tiba. Seringkali kabut juga menghadang, menimbulkan kesan mistis namun tetap menawan. Jika beruntung, Anda bisa menemukan kawanan burung merak di sini.

  4. Savana Gunung Merbabu – TNGM
    Selain di Gunung Argopuro, Savana atau padang rumput juga dapat di temukan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Walaupun padang rumput di sini tidak seluas di tempat lain, tapi pemandangannya tidak kalah indahnya. Savana disini juga mudah ditemui di beberapa titik, terutama di lembah dan punggungan setelah menuruni puncak utama Merbabu yang ditandai dengan triangulasi. Atau sebelum menuju puncak utama bila pendakian dari Dusun Genting, Desa Tarubatang, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, karenanya banyak yang bilang Savana Selo.

  5. Oro-oro Ombo – Gunung Semeru
    Sebagai gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, Semeru punya padang savana yang sangat indah. Warga lokal menyebutnya Oro-oro Ombo, yang memiliki arti ‘padang rumput yang luas. Tak tanggung-tanggung, luas keseluruhan padang savana ini mencapai 100 hektar. Setelah melewati padang luas ini, Anda akan memasuki kawasan Cemoro Kandang yang menjadi habitat beberapa jenis burung dan kijang. selain itu gunung Semeru juga didaulat sebagai salah satu yang terindah di Pulau Jawa.