Covidiot, Bagaimana Cara Meluruskan Mereka dan... Mungkinkah?

Seperti yang kita ketahui sendiri, covid-19 saat ini telah memasuki periode terburuknya di Indonesia. Ketidaksinergis antara pihak policy maker yang cenderung lambat dan tidak tegas dalam mengambil keputusan dengan masyarakat yang tidak taat membuat keadaan makin parah. Bahkan, beberapa masyarakat tidak percaya akan efektivitas masker dan lebih parahnya lagi, mereka tidak percaya adanya Covid itu sendiri. Atau mungkin sedikit tidak sopan, orang orang cenderung menyebut mereka dengan sebutan Covidiot

Hal ini dapat saya simpulkan berdasarkan temuan komentar di sosial media yang saya temukan, baik di instagram atau twitter beserta prakteknya dalam kehidupan nyata dimana masih terdapat masyarakat yang melakukan mass gathering serta tidak memakai masker. Diperparah pula dengan adanya media provokator yang terus menyesatkan pemahaman dari masyarakat.

Nah menurut Youdics, Apa yang bisa kita lakukan untuk mengedukasi Covidiot ini dan apakah hal itu mungkin?

2 Likes

Adanya covidiot ini juga disebabkan beberapa ketimpangan dari kebijakan yang dibuat dan kasus bantuan dana covid yang diselewengkan - menyebabkan ketidakpercayaan hingga akhirnya abai dalam menyikapi pandemi ini. Yang terbaru ini dilakukan pengetatan PPKM Mikro pada beberapa kota di Indonesia namun tetap pengetatan ini seperti setengah2 dilakukan seperti kegiatan belajar, fasilitas umum, kegiatan keagamaan di rumah ibadah yang dihentikan sepenuhnya namun memperbolehkan mall untuk tetap buka. Belum lagi banyaknya berita hoax yang semakin menebar ketidakpercayaan pada hal ini.

Pemerintah harus melindungi negaranya serta mengantisipasi meluasnya wabah ini. Tegas dan jelas dalam mengambil kebijakan seperti pembatasan aktivitas, menutup fasilitas publik secara merata, dan larangan untuk melakukan perjalanan dengan waktu yang diestimasikan dari sekian sampai sekian karena saat ini kondisinya semakin memburuk.

Serta menurutku yang bisa kita lakukan pada orang yang tidak percaya “covidiot” ini adalah dengan mengedukasi sebisa dan semampu kita kalau tetap tidak bisa mungkin sebaiknya diam saja, kalau diajak pergi2 jangan mau :sweat_smile: Stay safe everyone!

1 Like