Cara yang tepat menangani tangan melepuh jika terkena panas akibat memegang benda panas

Saat travelling bisa saja secara tidak sengaja bagian tubuh kita menyentuh benda panas misalnya ketika memanaskan air diatas api unggun, ataupun saat menyalakan api unggun itu sendiri tangan kita terkena dampak ketika menyulut api kedalamnya. Sebelumnya perlu kita ketahui lepuh adalah kantong cairan yang terbentuk di bawah kulit, biasanya disebabkan oleh gesekan yang berlebihan, terbakar, atau akibat paparan bahan kimia. Luka melepuh dapat terasa nyeri jika ditekan. Luka ini harus ditangani dengan benar dan tepat agar tidak menimbulkan infeksi.

Apakah pendapat kalian tentang bagaimana cara penanganan yang tepat pada luka melepuh?

image

Langkah-langkah penanganan simple ini adalah sebagai berikut :

  1. Cuci tangan dan bagian kulit yang melepuh dengan sabun lalu bilas dengan air hangat.
  2. Oles luka melepuh dengan iodin atau usapkan dengan alkohol.
  3. Sediakan jarum tajam yang sudah disterilkan dengan alkohol.
  4. Gunakan jarum tadi untuk menusuk kantong cairan pada luka melepuh. Tusuk pada beberapa titik di bagian tepi kantong tersebut. Biarkan cairan keluar dengan sendirinya, dan jangan mencabut bagian kulit di atasnya.
  5. Gunakan salep antibiotik untuk mengolesi luka, namun minta petunjuk dokter sebelum menggunakannya. setelah itu, tutupi luka dengan perban atau bantalan kasa.
  6. Setelah beberapa hari, potong semua kulit mati dengan menggunakan pinset dan gunting. Pastikan pinset dan gunting sudah terlebih dulu disterilkan dengan alkohol.
  7. Oleskan luka dengan salep sekali lagi serta tutup dengan perban.

Semoga tips diatas dapat dengan mudah diaplikasikan, apabila terjadi pada kita.

source

Atau mungkin ada yang punya tips lainnya? Boleh share-share dibawah saya lagi ya