Cara merawat tindik bibir

Memberikan perawatan yang tepat pada luka tindik baru sangatlah penting untuk menghindari infeksi dan memastikan luka dapat pulih dengan baik.

  • Bersihkan bagian dalam mulut. Berkumurlah dengan obat kumur bebas alkohol atau larutan garam selama 30 detik setiap setelah makan, minum, atau merokok. Berkumurlah juga sebelum tidur.

  • Bersihkan bagian luar lubang tindik dan perhiasannya. Sekali setiap hari (sebaiknya saat mandi sehingga serpihan dan kulit yang bersisik di sekitar lubang tindik melunak), usapkan sabun lembut dengan jari dan cuci lokasi tindik dan perhiasannya. Putar lembut perhiasan untuk membersihkan seluruh bagiannya serta menyingkirkan kotorannya. Bilas hingga bersih sambil kembali memutar perhiasan sekali lagi.

  • Rendam tindikan. Satu atau dua kali sehari, isilah cangkir kecil dengan larutan garam dan rendam tindikan di dalamnya selama 5-10 menit. [6] Bilas bagian tersebut dengan air hangat setelahnya.

  • Sikat gigi dan bersihkan sela-selanya paling tidak 2 kali sehari. Jika mungkin, sikat dan bersihkan sela gigi setiap setelah makan. Berkumurlah dengan obat kumur bebas alkohol setelah menyikat gigi untuk menyingkirkan partikel makanan yang tersisa dari dalam mulut Anda.

  • Makanlah dengan hati-hati dan perlahan-lahan. Makanan lunak dianjurkan selama beberapa hari pertama. Setelah kembali mengonsumsi makanan padat, potonglah kecil-kecil kemudian masukkan makanan berukuran sekali gigitan langsung ke dalam geraham Anda. [7] Berhati-hatilah agar tidak menggigit bibir Anda dan menghindari sentuhan dengan tindikan sebisa mungkin. Kunyah makanan sejauh mungkin dari lokasi tindik. Cobalah makanan berikut ini, terutama dalam beberapa hari pertama.

  • Kurangi pembengkakan. Isap serpihan kecil es untuk meredakan nyeri dan bengkak. Obat antiinflamasi pereda nyeri seperti ibuprofen juga bisa digunakan.